Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Balik: Biar Macet Pelabuhan Merak Tak Terulang, Ini Imbauan ASDP

ASDP memberikan imbauan kepada pemudik arus balik agar kejadian macet di Pelabuhan Merak tidak terulang.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  21:39 WIB
Arus Balik: Biar Macet Pelabuhan Merak Tak Terulang, Ini Imbauan ASDP
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. Peningkatan pemudik dan kendaraan di pelabuhan tersebut menyebabkan kemacetan sepanjang 7 kilometer dari Pelabuhan Merak hingga Kota Cilegon bagian barat. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman - nym.rn
Bagikan

Bisnis.com, PULAU PUNJUNG - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau para pemudik yang akan menyeberang di lintasan Merak–Bakauheni pulang pergi (PP) atau Ketapang–Gilimanuk PP untuk membeli tiket penyeberangan sebelum mereka tiba di pelabuhan pada arus balik Lebaran 2022.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan antrean yang mengular di Pelabuhan Merak, Cilegon dan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana terjadi akibat banyaknya pemudik belum mengantongi tiket saat tiba di pelabuhan. Alhasil, beberapa di antara mereka terpaksa membeli tiket dari calo.

"Kemarin antrean pas mudik itu karena mereka tidak bertiket sampai tiba di pelabuhan. Kalau penumpang sudah bertiket dari rumah, setidaknya enggak perlu cari-cari minimarket [toko swalayan], agen resmi, atau bahkan jadi santapan calo," katanya kepada Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia, Selasa (2/5/2022) malam.

Tentu saja, apabila sudah mengantongi tiket, para pemudik bisa lebih tenang di perjalanan karena sudah ada kepastian soal penyeberangan. Terlebih untuk pengguna layanan kapal ekspres atau kapal eksekutif di lintasan Merak-Bakaueni PP yang kuota perjalannya terbatas dan laku keras.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik dan ketertiban di pelabuhan, ASDP juga menerapkan sistem check-in seperti halnya di bandara. Pemudik bisa check-in paling cepat tiga jam sebelum waktu penyeberangan.

Adapun, untuk pembelian tiket bisa dilakukan paling lambat satu hari sebelum keberangkatan. Tiket tersebut bisa dibeli di situs dan aplikasi Ferizy serta mitra resmi Ferizy.

" Iya karena lazimnya mesti check in dulu seperti pesawat [terbang]. Misalnya kapal jam 10 pagi sudah bisa check ini jam 7 pagi," ujarnya.

Di sisi lain, dia tak menampik bahwa keengganan masyarakat untuk membeli tiket perjalanan sebelum tib di pelabuhan adalah kemacetan atau kondisi jalan yang tidak bisa ditebak. Mereka khawatir tiket yang sudah dibeli hangus karena terlambat datang akibat terjebak macet.

"Jika terjadi kemacetan parah kategori kejadian luar biasa atau force majeur, tiket tidak akan hangus. Mereka akan tetap dilayani setibanya di pelabuhan. Kecuali dua jam sebelum jadwal, penumpang memutuskan refund sendiri. Ini tetap berlaku potongan biaya," paparnya.

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.

Bisnis Indonesia Jelajah Lebaran 2022 dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022). Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute.

Pertama, untuk rute Jawa–Bali dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asdp Mudik Lebaran mudik pelabuhan merak pt asdp indonesia ferry
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top