Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Ini Daftar Perumahan Murah di Kawasan IKN Baru, Mau Beli?

Ini adalah 5 perumahan murah yang berlokasi di kawasan IKN yang dapat terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 27 April 2022  |  11:55 WIB
Ilustrasi. Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan perumahan subdisi, Sabtu (15/1/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Ilustrasi. Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan perumahan subdisi, Sabtu (15/1/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) mencatat ada 5 perumahan murah di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang bisa dimiliki oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Presiden Jokowi telah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sejak 18 Agustus 2019. Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, secara administratif wilayah IKN terletak di antara dua kabupaten, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara yang terdiri dari Kecamatan Penajam dan Sepaku dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang meliputi Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Muara Jawa, dan Samboja.

Untuk menjadi kota masa depan yang layak huni, pembangunan infrastruktur khususnya kawasan perumahan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) perlu dilakukan.

Ini Daftar Perumahan Murah di IKN Baru:

    1. Bumi Petung Residence

    Perumahan Bumi Petung Residence dikembangkan oleh PT Sinar Wardani Sejahtera. Perumahan ini terletak di Kecamatan Penajam. Bumi Petung Residence menghadirkan rumah subsidi tipe 36/96 dengan harga jual Rp164 juta. Rumah ini memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas lahan 96 meter persegi.

    Di dalamnya terdapat taman, teras, tempat parkir, ruang tamu, ruang keluarga plus dapur, dua kamar tidur, dan satu kamar mandi. Spesifikasi rumahnya terdiri dari atap metal roof setara soka; dinding batako plester dan cat luar dalam; lantai keramik dan pondasi batu gunung.

    2. Griya Palm Asri

    Perumahan ini terletak di Kecamatan Penajam dengan pengembang PT Ayla Mandiri Karya. Griya Palm Asri menawarkan rumah subsidi tipe 36 seharga Rp164 juta. Rumah ini memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas lahan 96 meter persegi.

    Di dalam rumahnya terdapat taman, teras, tempat parkir, ruang tamu, ruang keluarga plus dapur, dua kamar tidur, dan satu kamar mandi. Spesifikasi rumahnya terdiri dari atap jenis seng warna; dinding batako diplester; lantai rabat beton dan keramik; pondasi batu gunung.

    3. Pamulang Garden

    Perumahan ini dikembangkan PT Pamulang Faidhil Development. Pamulang Garden berlokasi di Kecamatan Penajam. Unit yang ditawarkan berupa rumah subsidi dengan tipe 34/84 seharga Rp142 juta dan tipe 36/84 senilai Rp152 juta. Tipe hunian paling murah memiliki bangunan seluas 34 meter persegi dengan luas lahan 84 meter persegi.

    Spesifikasi rumahnya terdiri dari atap multiroof rangka baja; dinding batako; lantai keramik dan pondasi batu gunung, dengan taman, teras, tempat parkir, ruang utama, dua kamar tidur, dan satu kamar mandi di dalamnya.

    4. Mahulu Residence Syariah

    Mahulu Residence Syariah dikembangkan oleh Developer lokal PT Graha Rayyan Sejahtera Samarinda. Perumahan ini terletak di Kecamatan Loa Janan. Ini adalah perumahan subsidi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang menginginkan memiliki rumah sendiri.

    Perumahan ini mengusung konsep rumah tunggal berlantai 1 type 36/91, dan saat ini telah tahap pemenuhan kuota para pembeli rumah. Rumah ini dijual dengan harga RP164 juta, dengan DP sebesar Rp30 juta yang dapat dicicil hingga delapan kali.

    Spesifikasi rumah adalah atap multiroof rangka baja; dinding batako; lantai keramik dan pondasi batu gunung, dengan taman, teras, tempat parkir, ruang utama, dua kamar tidur, dan satu kamar mandi di dalamnya.

    5. Bukit Tol Residence

    Perumahan ini juga berlokasi di Kecamatan Loa Janan dan dikembangkan oleh developer PT Arif 89. Bukit Tol Residence merupakan rumah subsidi dengan tipe 36. Harga rumah di perumahan ini adalah Rp150 juta.

    Jaringan listrik dan air telah tersedia pada perumahan ini. Di dalam rumah telah mencakup taman, teras, tempat parkir, ruang tamu, ruang keluarga plus dapur, dua kamar tidur, dan satu kamar mandi. Spesifikasi rumahnya terdiri dari atap jenis seng warna; dinding batako diplester; lantai rabat beton dan keramik; pondasi batu gunung.

    Perumahan Bukit Tol Residence strategis karena dekat dengan pusat pendidikan dan pemerintahan.

    Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    penjualan properti kalimantan timur mbr rumah bersubsidi IKN
    Editor : Rio Sandy Pradana

    Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

    Artikel Terkait



    Berita Terkini Lainnya

    Terpopuler

    Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
    qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
    To top