Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik 2022: Angkutan Motor Gratis (Motis) Berangkat Hari Ini, Masih Ada Kuota?

Kemenhub menuturkan angkutan motor gratis mulai berangkat pada hari ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 April 2022  |  15:33 WIB
Petugas  menaikkan sepeda motor peserta program angkutan sepeda motor gratis Kereta Api di stasiun logistik Kampung Bandan, Jakarta, Senin (11/6/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Petugas menaikkan sepeda motor peserta program angkutan sepeda motor gratis Kereta Api di stasiun logistik Kampung Bandan, Jakarta, Senin (11/6/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemudik yang telah mendaftar program motor gratis atau motis pada periode Lebaran 2022 akan mulai diberangkatkan pada hari ini, Selasa (26/4/2022).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri pun mengajak masyarakat untuk dapat melakukan perjalanan mudik lebih awal dan memanfaatkan kuota angkutan motor gratis yang hingga kini masih tersedia.

“Kami mulai berangkatkan pendaftar pada 26 April 2022 dari Stasiun Jakarta Gudang. Sebesar 750 kuota untuk tanggal 26 April 2022,” ujarnya, Selasa (26/4/2022).

Selanjutnya, keberangkatan tak hanya pada 26 April 2022, tersedia juga kuota sebanyak 604 pada 27 April 2022. Kemudian sebanyak 754 kuota pada 28 April 2022. Sisanya sebanyak 569 kuota pada 29 April 2022.

Zulfikri melaporkan bahwa hingga kini masih ada kuota yang tersedia dengan rute menuju lintas selatan dan lintas utara. Dia menyebut masih hanya sekitar 24 persen yang daftar dengan total pendaftar 2.267 yang sudah disediakan khusus untuk peserta angkutan Motis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah kehabisan tiket reguler.

Motis ini akan dilayani di 11 stasiun keberangkatan yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang,

“Kami harapkan kuota motis yang masih tersedia untuk melakukan perjalanan mudik dengan lebih aman dan nyaman, serta selamat dari resiko kecelakaan roda dua,” imbuhnya.

Program motis tahun ini tidak hanya untuk pengguna KA tetapi juga moda lain seperti bus, travel dan naiknya bisa pakai motis kereta sepeda api . Secara total, kuota motis kereta api Lintas utara 645 dan lintas selatan sebanyak 1.615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Mudik Lebaran mudik mudik gratis Info Mudik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top