Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara YIA Buka Layanan Vaksinasi Booster, Ini Jadwal dan Kuotanya

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster atau dosis ketiga bagi masyarakat umum.
Hafit Yudi Suprobo
Hafit Yudi Suprobo - Bisnis.com 13 April 2022  |  06:50 WIB
PT Angkasa Pura I menghabiskan dana sebesar Rp10,5 triliun untuk pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. - Bisnis/Rinaldi M. Azka
PT Angkasa Pura I menghabiskan dana sebesar Rp10,5 triliun untuk pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster atau penguat bagi calon penumpang, masyarakat, maupun komunitas bandara per Selasa (12/4/2022) kemarin.

PTS General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan layanan vaksinasi Covid-19 booster di Bandara YIA sudah dikoordinasikan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan selaku penyelenggara maupun Dinas Kesehatan DIY.

"Tidak hanya penumpang, kami tadi sudah sepakat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai penyelenggaranya untuk juga dibuka vaksinasi bagi masyarakat umum plus juga komunitas bandara YIA," kata Agus Pandu pada Selasa (12/4/2022).

Dikatakan Agus Pandu, layanan vaksinasi Covid-19 booster di Bandara YIA ditujukan memudahkan calon penumpang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua.

"Jadi, per tanggal 12 April ini kami membuka [layanan vaksinasi booster Covid-19] sejak pukul 09.00 sampai 13.00 WIB. Nanti, kami akan menyesuaikan kebutuhan, apabila animo masyarakat untuk mengakses bandara ini sebagai layanan vaksin maka akan kami pertimbangkan untuk [menambah] jam operasinya," ungkap Agus Pandu.

Lebih lanjut, soal kuota vaksinasi booster Covid-19 di Bandara YIA angkanya memang belum masif. Kuota masih dibatasi sebanyak 30 dosis per hari. Namun, kuota bisa berubah sewaktu-waktu jika Pemkab setempat dalam hal ini Pemkab Kulonprogo mampu memberikan dukungan dosis vaksin booster.

"Nah, untuk kuota kami sedang berkoordinasi dengan Dinkes DIY karena setiap hari kita baru diberikan 30. Saya berharap ke depan bisa lebih. Jadi, dukungan vaksinnya dari Pemkab sangat kami butuhkan. Intinya bahwa kami pelaksananya ada, dokternya ada, yang menyuntikkan vaksin untuk penumpang," kata Agus Pandu.

Ia menambahkan, "Mudah-mudahan lebih banyak lagi ketersediaan vaksinnya [booster]. Karena sesuai dengan keinginan pemerintah, sebelum lebaran masyarakat harus sudah di-booster semua, sehingga bisa mendukung pelaksanaan mudik. Layanan vaksinasi booster bagian dari persiapan bandara YIA untuk mendukung masyarakat yang akan mudik lebaran."

Sementara itu, bagi masyarakat, khususnya calon penumpang di Bandara YIA yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi booster Covid-19 diimbau untuk datang dua jam sebelum vaksinasi booster Covid-19 dilakukan atau sebelum jam keberangkatan.

"Untuk vaksin saya kira minimal dua jam sebelum keberangkatan karena nanti ada observasi 30 menit, setelah itu baru mendapatkan kartu [vaksin] dan lain-lain. Untuk jenis vaksin tergantung dengan ketersediaan dari Dinas Kesehatan DIY. Bisa Sinovac, bisa AstraZeneca, Moderna," ucap Agus Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta bandara yogyakarta Vaksin Covid-19 Vaksin Booster

Sumber : JIBI/Harianjogja.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top