Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Komoditas Tinggi: Sri Mulyani Akui Penerimaan Negara Untung, Masyarakat Kena Beban

Sri Mulyani menyampaikan bahwa kenaikan harga komoditas yang luar biasa memberikan manfaat di satu sisi. Di sisi lain, harga berbagai barang kebutuhan turut meningkat sehingga dapat membebani masyarakat.
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati/Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati/Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa tingginya harga komoditas dapat meningkatkan penerimaan negara tetapi di sisi lain membebani masyarakat. Oleh karena itu, program perlindungan masyarkaat perlu diintensifkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani dalam keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (5/5/2022). Dia turut hadir bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa kenaikan harga komoditas yang luar biasa memberikan manfaat di satu sisi. Penerimaan negara meningkat seiring dengan tingginya harga minyak, gas, batu bara, nikel, dan crude palm oil (CPO).

Di sisi lain, kenaikan harga komoditas menyebabkan inflasi meningkat secara global. Imbasnya, harga berbagai barang kebutuhan turut meningkat sehingga dapat membebani masyarakat.

"[Kenaikan harga komoditas] itu memberikan daya tambah dari sisi penerimaan negara.

Namun, di sisi lain masyarakat akan merasakan rambatan dari inflasi global tersebut," ujar Sri Mulyani pada Selasa (5/5/2022).

Dia mendapatkan tugas dari Jokowi untuk merumuskan kenaikan penerimaan negara dari komoditas menjadi alokasi bantuan bagi masyarakat. Kondisi saat ini berpotensi mengerem daya beli masyarakat karena kenaikan berbagai harga.

Sri Mulyani pun menyebut bahwa terdapat tiga hal yang menjadi perhatian pemerintah, yakni menjaga daya beli masyarakat, menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, juga menjaga kesehatan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Dari sisi APBN, kami akan terus merumuskan langkah-langkah bagaimana tambahan kenaikan penerimaan ini bisa dialokasikan secara tepat. Tadi Bapak Presiden telah menginstruksikan, seperti disampaikan Pak Menko, untuk kita melihat secara detil harga-harga pangan dan harga-harga energi, serta pilihan-pilihan kebijakan yang bisa kita ambil," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper