Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IdulFitri 2022: Penumpang Melonjak 133 Persen, Ini Lima Langkah Strategis Pelni

Pelni memperkirakan penaikan penumpang pada musim lebaran tahun ini bisa menembus 133 persen dibandingkan dengan periode 2021. Pelni pun telah menyediakan kapasitas kursi sebanyak 49.267.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  17:13 WIB
KM Kelud mempunyai kapasitas 2000 penumpang. Rute A : Tg. Priok - Pulau Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan (PP). Rute B : Tg. Priok - Kijang - Pulau Batam - Belawan (PP).  - Antara
KM Kelud mempunyai kapasitas 2000 penumpang. Rute A : Tg. Priok - Pulau Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan (PP). Rute B : Tg. Priok - Kijang - Pulau Batam - Belawan (PP). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyiapkan lima langkah strategis dalam mengahadapi masa operasi idulfitri 2022.

Direktur Utama Pelni Tri Andayani memperkirakan penaikan penumpang pada musim lebaran tahun ini bisa menembus 133 persen dibandingkan dengan periode 2021. Pelni pun telah menyediakan kapasitas kursi sebanyak 49.267. Anda, sapaan akrabnya juga memperkirakan ada 5 ruas dan 8 pelabuhan yang mengalami lonjakan tertinggi pada periode tersebut

Dalam persiapan operasi Idulfitri 2022 tersebut, Pelni telah menyiapkan lima langkah strategis menghadapi lebaran.

"Pertama, kami melakukan pengechekan kesiapan kapal dan ramp check dengan Kemenhub, termasuk untuk alat keselamatan dan BBM. Kami kordinasi dengan Pertamina untuk menyiapkan konsumsi rata-rata 17.000 kl," ujarnya, Selasa (29/3/2022).

Anda menegaskan kesiapan docking kapal juga telah rampung secara keseluruhan pada pertengahan Maret 2022. Selanjutnya, strategi kedua, Pelni bakal menerapkan protokol kesehatan dengan mengacu kepada aturan dari Kemenhub yakni bagi penumpang yang sudah dua kali vaksin dan dosis penguat booster tanpa tes PCR dan antigen.

"Persyaratan perjalanan lebaran sesuai SE Kemenhub No.24/2022. Penumpang vaksin dua dosis dan bosster tanpa pcr antigen lalu dosis pertama berlaku tes PCR 3x24 jam atau antigen 1x24 jam di pelabuhan sebelum naik ke kapal," terangnya.

Ketiga, lanjutnya, penyesuaian rute dengan rencana reroute sejumlah kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Pelni akan menyesuaikan agar jadwal kapal tiba di tujuan sebelum lebaran. Langkah keempat adalah dengan monitoring posko pelabuhan bersama dengan operator pelabuhan seperti Pelindo dan lainnya.

Terakhir adalah menyediakan pembelian tiket online agar penumpang bisa membeli lewat website hingga minimarket.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni Mudik Lebaran
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top