Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penumpang Internasional Bandara Soekarno-Hatta Membeludak, AP II Beri Penjelasan

AP II memberikan penjelasan soal penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta yang membeludak.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  20:50 WIB
Suasana Pengambilan Sampel Tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta. -  Dok. AP II
Suasana Pengambilan Sampel Tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta. - Dok. AP II

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengkonfirmasi upaya penanganan terhadap penumpukan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang melakukan tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menjelaskan pada Minggu (27/3/2022) sempat terjadi antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional, disebabkan karena peningkatan PPLN yang tiba khususnya pada pukul 14.00–17.00 WIB.

"Hingga saat ini, penanganan telah dilakukan, sehingga PPLN dapat menjalani prosedur kedatangan internasional," ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (28/3/2022).

Selain berupaya menambah lokasi tes RT-PCR di Bandara Soekarno Hatta, AP II dan stakeholder terkait juga menambah tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR juga akan ditambah guna menghindari antrean panjang.

Agus Haryadi mengatakan kedatangan PPLN melalui Bandara Soekarno-Hatta saat ini secara rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya.

Guna mengatasi penumpukan lebih jauh, AP II dan stakeholder antara lain Satgas Udara Penanganan Covid-19 dan maskapai selalu berkoordinasi untuk melakukan berbagai penyesuaian guna memastikan protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik.

"AP II siap mendukung berbagai fasilitas dan personel guna menjaga penerapan petunjuk pelaksanaan PPLN sesuai regulasi dapat berjalan dengan baik. Seluruh penumpang pesawat agar menerapkan protokol kesehatan dengan baik, khususnya menjaga jarak, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan," imbuhnya.

Seperti diketahui, sebuah video menunjukkan antrean panjang penumpang pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di terminal kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang beredar pada Minggu (27/3/2022). Antrean membludak penumpang itu diduga disebabkan para penumpang yang menunggu giliran tes PCR.

Dalam video tersebut, tampak para penumpang berteriak saat mengantre. Tidak ada petugas bandara atau sistem pengaturan antrean yang terlihat dalam video tersebut. Saat ini syarat PPLN yang berlaku masuk Indonesia tanpa karantina tetapi mereka harus tes PCR.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penumpang bandara soekarno-hatta angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top