Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Investasi yang Cocok Bagi Generasi Milenial

Generasi milenial harus mempersiapkan masa tua dengan baik, caranya adanya menempatkan dana di instrumen investasi.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  19:32 WIB
Tips investasi - istimewa
Tips investasi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi saat ini menjadi sebuah kegiatan yang mulai digandrungi oleh generasi muda atau kaum milenial. Berikut 5 investasi yang cocok dicoba oleh kaum milenial.

Investasi sendiri merupakan sebuah aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu dengan harapan penyimpanan tersebut akan menimbulkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi. 

Salah satu investor terkenal bernama Daren Buffet pernah berkata, jika kalian tidak dapat menemukan cara untuk menghasilkan uang saat kalian tidur, kalian akan bekerja sampai mati. Perkataan tersebut cocok diasumsikan kepada para generasi muda saat ini.

Sebagai generasi milenial, investasi dirasa cocok untuk menjadikan masa tua nanti tidak kesusahan lagi untuk mencari sumber dana dan hanya mengandalkan uang pensiun saja. Meskipun dalam investasi pasti terdapat beberapa risiko, namun ada beberapa investasi yang cocok dicoba untuk generasi milenial.

Dilansir dari Jaringan PRIMA, Kamis (24/3/22) berikut contoh investasi yang cocok bagi milenial.

  1. Reksa Dana

Reksa dana sendiri merupakan instrumen investasi yang dipercaya paling praktis karena dengan menanamkan aset pada produk reksa dana.

Sebagai milenial yang kesibukan yang sangat padat, Anda tidak perlu memantau perkembangan aset terus-menerus karena dalam reksa dana ada MI atau Manajer Investasi yang akan membantumu dalam alokasi investasi. 

Kelebihan lainnya dari reksa dana pasar uang adalah Anda nggak perlu pusing mikirin modal yang besar untuk mulai berinvestasi. Karena, Anda dapat berinvestasi pada instrumen satu ini bisa dimulai hanya dengan  Rp100 ribu, dan ini sangat cocok bagi milenial yang masih merintis karir.

  1. P2P Lending

P2P atau peer to peer lending menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang kini sangat diminati, termasuk oleh kaum milenial. Hal ini terjadi karena imbal hasil instrumen ini bisa mencapai 2 kali lipat bahkan lebih jika dibandingkan dengan deposito berjangka.

Untuk modal sendiri, untuk memulai investasi dengan instrumen ini juga beragam pada setiap platform, ada yang mulai dari Rp100 ribu, Rp1 juta, bahkan hingga Rp5 juta, dan modal investasi tersebut cocok bagi para milenial.

  1. Obligasi Pemerintah

Berbeda dengan kedua investasi diatas yang, investasi di bidang obligasi pemerintah ini tidak langsung instan mendapatkan hasil, namun jika sedang naik investasi ini dapat menguntungkan sang investor.

Obligasi pemerintah RI dibagi menjadi empat yakni Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel (SBR). Pembelian obligasi pemerintah  dapat dimulai dari nominal Rp1 juta dan kelipatannya.

Mengapa tipe investasi ini cocok untuk generasi milenial, sebab tanpa adanya usaha berlebih saham yang Anda taruh di investasi tipe ini akan bertahap naik dan menguntungkan Anda. Selain itu, dari keamanan saham sudah dipastikan aman karan diatur langsung oleh negara.

  1. Emas

Emas menjadi alat investasi yang bisa dikatakan jadul atau kuno, namun tak bisa dipungkiri emas menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Sebab, emas merupakan investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah daripada investasi lainnya. 

Untuk milenial sendiri, investasi emas sangat cocok untuk dilakukan. Terlebih, harga emas yang bisa saja naik seketika akan membuat keuntungan bagi generasi milenial yang menginvestasikan uang mereka pada emas.

  1. Reksa Dana Saham

Tak lengkap jika tidak membahas investasi saham sebagai salah satu investasi yang cocok bagi generasi milenial saat ini. Reksa dana saham merupakan instrumen yang berbeda ya dengan investasi saham pada umumnya.

Untuk segi risiko sendiri, diantara 4 macam reksadana, instrumen reksa dana saham memang memiliki risiko yang paling tinggi. Namun, bila instrumen ini dibandingkan dengan investasi saham pada umumnya, jelas kalau reksa dana saham lebih minim risiko karena bantuan manajer investasi.

Sebagai generasi milenial, jika Anda memiliki dana yang lebih dari biasanya, investasi saham akan sangat cocok bagi Anda. Meskipun tidak terasa dengan cepat, bisa saja Anda merasakan nikmat dari investasi ini saat Anda sudah menginjak umur pensiun dalam bekerja.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

generasi milenial Kaum Milenial Milenial Naik Kelas
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top