Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasannya Kementerian PUPR Gandeng Korsel di Proyek IKN

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR mengatakan Korea Selatan dijadikan mitra dalam pengembangan IKN karena dinilai memiliki kemampuan dalam mengembangkan kota dengan konsep smart City.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  18:57 WIB
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022). -  Antara @nyoman_nuarta\r\n\r\n
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022). - Antara @nyoman_nuarta\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, BOGOR - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membuka alasan pemerintah yang bekerja sama dengan Korea Selatan dalam proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR mengatakan Korea Selatan dijadikan mitra dalam pengembangan IKN karena dinilai memiliki kemampuan dalam mengembangkan kota dengan konsep smart city.

Di samping itu, Korea Selatan telah memiliki pengalaman dalam proyek pemindahan ibu kota.

"Korea berpengalaman membangun ibu kota baru selain Seoul. Itu salah satu kota yang disebut smart city tentu kita ingin melihat seperti apa. Dia jadi partner diskusi kita," katanya di Bogor, Rabu (23/3/2022).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembahasan peningkatan kerja sama di bidang infrastruktur dengan pemerintah Korea Selatan.

Terdapat tiga pembahasan yang meliputi pembangunan Jembatan Batam-Bintan, pembentukan rencana dasar dan feasibility study (FS) untuk perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) dan pembahasan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) bantuan teknis Korea Selatan untuk perpindahan Ibu Kota.

Salah satu bentuk kerja sama FS perumahan ASN adalah pelatihan daring bagi ASN Kementerian PUPR untuk mempelajari konsep desain dan operasionalisasi kompleks perumahan yang berkelanjutan.

Sementara itu, dalam MoU kerja sama teknis pemindahan dan pembangunan IKN antar Kementerian PUPR dengan Minister for Land, Infrastructure and Transport (MOLIT) yang akan berakhir pada 25 November 2022 ini, kedua belah pihak menyetujui untuk memperpanjang MoU ini dengan bentuk kerja sama di antaranya pertukaran informasi, berbagai pengalaman, pengetahuan dan teknologi serta penugasan tenaga ahli.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kementerian PUPR IKN
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top