Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Triniti Land (TRIN) Gandeng WIR Group Jajaki Dunia Metaverse

Triniti Land (TRIN) dan WIR Group mulai menjajaki dunia metaverse untuk memasukan seluruh proyek-proyeknya secara bertahap.
Triniti Land/Istimewa
Triniti Land/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perintis Triniti Properti Tbk. (TRIN) mulai melebarkan sayapnya ke dunia metaverse ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan WIR Group, perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR).

Dalam kesepakatan ini, kedua belah pihak akan bekerja sama dalam pengembangan bisnis Triniti Land dalam platform metaverse yang dikembangkan WIR Group. WIR Group yang didukung pemerintah Indonesia akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia pada perhelatan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Direktur Utama dan CEO Triniti Land Ishak Chandra mengatakan Szcara bertahap Triniti Land akan memasukan seluruh proyek-proyeknya ke dunia Metaverse dimulai dari proyek Brooklyn, Springwood, Yukata Suites, Collins Boulevard, The Smith dan Marc’s Boulevard Batam.

Triniti Land juga memasukan rangkaian proyek baru lainnya yang diluar Jakarta seperti, Sentul, Lampung dan Tanamori - Labuan Bajo.

Menurutnya, para ahli, teknologis bahkan berbagai sektor bisnis seperti perbankan percaya bahwa metaverse akan tumbuh menjadi ekonomi yang berfungsi penuh dalam beberapa tahun mendatang dan menawarkan pengalaman digital sinkron yang akan terintegrasi ke dalam kehidupan seperti halnya email dan jejaring sosial saat ini.

"Dunia digital, bagi sebagian orang, sama pentingnya dengan dunia nyata," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (11/3/2022).

Dia menuturkan bahwa sama seperti properti di dunia nyata, metaverse adalah tentang lokasi.

"Ada area ketika Anda pertama kali masuk ke metaverse di mana orang-orang berkumpul — area itu pasti akan jauh lebih berharga daripada area yang tidak memiliki acara atau konten apa pun. Dengan ekosistem yang dimiliki oleh WIR Group serta berbagai kolaborasi bisnis yang WIR Group lakukan akan menjadikan Metaverse Indonesia sebagai dunia virtual yang menarik untuk kita jelajahi, “ kata Ishak.

Executive Chairman & Co-Founder WIR Group Daniel Surya berpendapat Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, virtual reality (VR), serta augmented reality (AR).

Selain itu, platform ini juga disebut akan menghadirkan kota-kota besar di Tanah Air. “Metaverse Indonesia akan dibangun dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai bangsa, di sana akan ada kota-kota utama Indonesia,” ucap Daniel

Daniel mengungkapkan pengembangan Metaverse Indonesia tahap pertama ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2022 ini.

Pemerintah sendiri sebelumnya menargetkan platform Metaverse Indonesia untuk diperkenalkan pada ajang Presidensi G20 Indonesia 2022.

Pengembangan ekosistem Metaverse Indonesia akan dibangun secara bertahap. WIR Group memperkirakan bahwa ekosistem Metaverse Indonesia secara keseluruhan akan dikembangkan dalam waktu sekitar lima hingga enam tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper