Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Rusia Umumkan Daftar Negara Tidak Bersahabat, Elon Musk Menyangsikan EBT

Indonesia tidak termasuk dalam daftar Negara-negara tidak bersahabat yang diumumkan Rusia. Daftar tersebut meliputi negara-negara yang menjatuhkan sanksi terhadap Rusia setelah terjadinya invasi ke Ukraina.
Gedung Pemerintahan Rusia/TASS-Mikhail Tereshchenko
Gedung Pemerintahan Rusia/TASS-Mikhail Tereshchenko

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia yang berjanji akan merespons setiap sanksi yang diberikan Barat dan sekutunya akhirnya mengeluarkan daftar negara yang tidak bersahabat. Negara-negara tersebut diketahui menjatuhkan sanksi terhadap Rusia setelah terjadinya invasi ke Ukraina. Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut.

Selain menyoroti gejolak akibat invasi ke Ukraina dan sanksi yang diterima Rusia dari Barat, bisnisindonesia.id menyajikan sejumlah berita ekonomi dan bisnis lainnya yang dikemas secara analitik dan lebih mendalam.

Berikut lima berita pilihan yang disajikan dari meja redaksi bisnisindonesia.id, Selasa (8/3/2022).

1. Rusia Umumkan Daftar Negara-Negara yang Tidak Bersahabat

Rusia yang berjanji akan merespons setiap sanksi yang diberikan Barat dan sekutunya akhirnya mengeluarkan daftar negara yang tidak bersahabat. Negara-negara tersebut diketahui menjatuhkan sanksi terhadap Rusia setelah terjadinya invasi ke Ukraina. Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut.

Negara dan wilayah yang disebutkan dalam daftar tersebut ditengarai memberlakukan atau bergabung dengan sanksi terhadap Rusia.

2. Penetrasi Ekspor Kayu ke Uni Eropa Berpeluang Meningkat

Adanya sertifikat legalitas kayu yang kini bertransformasi menjadi sertifikat kelestarian kayu disertai promosi yang lebih gencar diyakini menjadi keunggulan bagi produk Indonesia menembus pasar Uni Eropa (UE).
 
Sampai saat ini pasar UE yang totalnya mencapai US$120 miliar masih dikuasai oleh pasokan kayu asal China. Adapun produkk kayu dari Vietnam yang belum memilik Forest Law Enforcement, Governance and Trade (FLEGT) License pun masih ada di peringkat yang lebih baik dari Indonesia yaitu menempati peringkat ke-10.

3. Hebatnya Peran Orang Indonesia Bantu Bisnis Properti Singapura

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Rusia Umumkan Daftar Negara Tidak Bersahabat, Elon Musk Menyangsikan EBT

Properti di Singapura./The Business Times

Orang Indonesia berperan penting bagi bisnis properti Singapura. Tak sampai 2 pekan terakhir, empat transaksi properti melibatkan tiga perusahaan besar milik orang Indonesia dan satu lagi anonim, tapi disebutkan si pembeli properti adalah orang Indonesia.

Pada pengujung bulan lalu, pebisnis kondang Sukanto Tanoto dengan Pacific Eagle Real Estate (Raja Garuda Emas, dahulu Raja Garuda Mas)-nya merealisasikan pembelian salah satu pusat perbelanjaan besar di kawasan Orchard Road Singapura, Tanglin Shopping Center, dengan nilai Rp9,2 triliun.

4. Memetik Pelajaran Penting dari Skandal Emisi Hino Motors

Hino Motors mengakui telah menyerahkan data emisi dan penghematan bahan bakar yang curang kepada otoritas transportasi, menangguhkan pengiriman kendaraan dengan mesin yang menggunakan angka tersebut, dan kemungkinan tidak memenuhi standar Jepang.

Penggunaan data penipuan telah berlangsung setidaknya sejak 2016, yang mana perusahaan telah menjual setidaknya 115.526 kendaraan dengan mesin yang disertifikasi oleh pemerintah berdasarkan data yang dicurangi itu, seperti dikutip Antara dari Kyodo, Senin (7/2/2022).

5.Kala Elon Musk Menyangsikan EBT Karena Konflik Rusia-Ukraina

CEO perusahaan mobil listrik Tesla Elon Musk menilai saat ini menjadi momentum bagi produsen minyak meningkatkan produksinya untuk mengatasi kurangnya pasokan akibat invasi Rusia ke Ukrania.

Konflik antara Rusia dan Ukraina telah menimbulkan ketidakpastian pasokan energi dunia. Harga minyak mentah, gas bumi, hingga batu bara bahkan melonjak tajam dalam beberapa waktu terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper