Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warren Buffett Kepincut Raksasa Minyak AS

Berkshire mengungkapkan bahwa seseorang dari perusahaan, entah Warren Buffet atau manajer portofolio investasinya, tertarik dengan Occidental Petroleum, seperti dilaporkan CNBC pada Sabtu (5/3/2022).
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet/Reuters
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Warren Buffet menambah kepemilikannya di perusahaan minyak Amerika Serikat Occidental Petroleum seiring dengan kenaikan harga minyak pada awal invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam sebuah keterbukaan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada Jumat malam (4/3/2022), Berkshire mengungkapkan bahwa seseorang dari perusahaan, entah Warren Buffet atau manajer portofolio investasinya, tertarik dengan Occidental Petroleum, seperti dilaporkan CNBC pada Sabtu (5/3/2022).

Lebih dari 61 juta saham perusahaan minyak itu tercatat dibeli pada Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu dengan harga berkisar US$47,07 - US$56,45.

Hingga Jumat, konglomerasi yang berbasis di Massachusetts itu telah memiliki 91,2 juta saham dengan total nilai US$5,1 miliar dengan harga yang ditutup US$56,15, naik 45 persen pada pekan ini.

Occidental Petroleum melakukan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas di Amerika Serikat, Timur Tengah dan Afrika. Bisnisnya termasuk memproduksi minyak dan kondensat, gas alam cair dan gas alam.

Sebanyak 29 juta lembar saham lainnya kemungkinan telah dibeli pada tahun ini. Kendati demikian, kepemilikan Buffett di raksasa minyak itu belum mencapai 10 persen.

Berkshire telah memiliki waran sebanyak 83,9 juta di harga US$59,62. Meskipun belum dieksekusi, tetapi untuk keperluan keterbukaan SEC, waran itu harus dihitung sehingga kepemilikan Berkshire bisa lebih dari 17 persen.

Atas kepemilikan tersebut, perusahaan milik Warren Buffet ini diperkirakan akan menerima pembayaran dividen sebesar 8 persen per tahun atau sekitar US$200 juta per kuartal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper