Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Strategi Pemulihan Transportasi ala Menhub Budi Karya

Menhub Budi Karya menuturkan sejumlah strategi pemulihan transportasi pada 2022.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan sejumlah strategi mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi yang dilakukan pada 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan diperlukan kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan yang ada di sektor transportasi. Saat ini, sektor transportasi masih diwarnai oleh tantangan yang berupa keterbatasan fiskal Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), meningkatnya kebutuhan pendanaan infrastruktur transportasi, belum optimalnya pelayanan transportasi yang terintegrasi, dan kurangnya tingkat kesadaran akan keselamatan transportasi.

Oleh karena itu, sejumlah strategi yang akan dilakukan yaitu mengoptimalkan penerapan pendanaan kreatif non APBN melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam rangka pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi.

Kemudian, lanjutnya, adalah mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Badan Layanan Umum (BLU) sebagai salah satu sumber pendanaan alternatif untuk percepatan pembangunan infrastruktur, mendorong keterlibatan peran swasta dalam percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, dan melakukan transformasi struktural dan digitalisasi dalam upaya meningkatkan layanan transportasi.

“Upaya tersebut tentu tidak bisa dilakukan tanpa kerja sama yang baik. Antara pemerintah pusat dengan daerah, perguruan tinggi, pelaku usaha swasta, media, dan masyarakat. Kolaborasi pentahelix ini harus dilaksanakan dengan baik,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (24/2/2022).

Menhub menegaskan kepada jajarannya di Kemenhub untuk terus mengawal visi dan misi Presiden Joko Widodo bahwa dalam melakukan suatu pembangunan infrastruktur transportasi dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

Dia berpendapat bahwa pengerjaan proyek tidak sekedar memenuhi keinginan tetapi harus didukung dengan studi yang baik, tepat waktu, dan juga bermanfaat bagi masyarakat.

Menhub juga meminta jajarannya untuk menciptakan iklim yang kondusif dalam rangka meningkatkan minat pelaku usaha sektor swasta berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi.

Kemudian, Menhub juga meminta jajarannya untuk melakukan transformasi struktural dalam rangka menciptakan birokrasi yang berorientasi melayani masyarakat. Selain itu, meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan transportasi, serta terus berupaya mengembangkan transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper