Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Strategi Pemulihan Transportasi ala Menhub Budi Karya

Menhub Budi Karya menuturkan sejumlah strategi pemulihan transportasi pada 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  19:26 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  - Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan sejumlah strategi mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi yang dilakukan pada 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan diperlukan kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan yang ada di sektor transportasi. Saat ini, sektor transportasi masih diwarnai oleh tantangan yang berupa keterbatasan fiskal Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), meningkatnya kebutuhan pendanaan infrastruktur transportasi, belum optimalnya pelayanan transportasi yang terintegrasi, dan kurangnya tingkat kesadaran akan keselamatan transportasi.

Oleh karena itu, sejumlah strategi yang akan dilakukan yaitu mengoptimalkan penerapan pendanaan kreatif non APBN melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam rangka pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi.

Kemudian, lanjutnya, adalah mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Badan Layanan Umum (BLU) sebagai salah satu sumber pendanaan alternatif untuk percepatan pembangunan infrastruktur, mendorong keterlibatan peran swasta dalam percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, dan melakukan transformasi struktural dan digitalisasi dalam upaya meningkatkan layanan transportasi.

“Upaya tersebut tentu tidak bisa dilakukan tanpa kerja sama yang baik. Antara pemerintah pusat dengan daerah, perguruan tinggi, pelaku usaha swasta, media, dan masyarakat. Kolaborasi pentahelix ini harus dilaksanakan dengan baik,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (24/2/2022).

Menhub menegaskan kepada jajarannya di Kemenhub untuk terus mengawal visi dan misi Presiden Joko Widodo bahwa dalam melakukan suatu pembangunan infrastruktur transportasi dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

Dia berpendapat bahwa pengerjaan proyek tidak sekedar memenuhi keinginan tetapi harus didukung dengan studi yang baik, tepat waktu, dan juga bermanfaat bagi masyarakat.

Menhub juga meminta jajarannya untuk menciptakan iklim yang kondusif dalam rangka meningkatkan minat pelaku usaha sektor swasta berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi.

Kemudian, Menhub juga meminta jajarannya untuk melakukan transformasi struktural dalam rangka menciptakan birokrasi yang berorientasi melayani masyarakat. Selain itu, meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan transportasi, serta terus berupaya mengembangkan transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top