Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Data Perubahan Pola Mobilitas Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Pola mobilitas masyarakat Indonesia selama pandemi terlihat sangat dinamis, apalagi selama ada kebijakan mengenai pembatasan mobilitas. Simak data selengkapnya di sini.
Penyekatan jalan untuk membatasi mobilitas masyarakat terkait pelaksanaan PPKM. Foto ilustrasi. /Antara
Penyekatan jalan untuk membatasi mobilitas masyarakat terkait pelaksanaan PPKM. Foto ilustrasi. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pola mobilitas masyarakat Indonesia selama pandemi terlihat sangat dinamis, apalagi selama ada kebijakan mengenai pembatasan mobilitas. Simak data dan visualisasi selengkapnya di sini.

Data mobilitas yang dirangkum antara lain menyangkut mobilitas ke tempat rekreasi dan perdagangan ritel, mobilitas ke tempat belanja dan farmasi, perkembangan mobilitas ke taman, perubahan mobilitas ke stasiun transit, dinamika mobilitas ke tempat kerja, serta mobilitas di perumahan. DataIndonesia.id merangkum data tersebut yang selengkapnya beserta visualisasinya yang dapat disimak melalui tautan ini.

Sejak awal 2022, mobilitas masyarakat Indonesia terpantau menurun. Ini seiring diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Meski demikian, mobilitas masyarakat masih terhitung tinggi di beberapa lokasi, seperti tempat belanja dan farmasi, retail dan rekreasi, serta taman. Bahkan, angkanya telah melebihi sebelum pandemi Covid-19 berlangsung.

Berdasarkan laporan Google (Google Mobility Report), mobilitas masyarakat tercatat paling tinggi ke tempat belanja dan farmasi. Selama 6-10 Februari 2022, rata-rata pergerakan masyarakat ke lokasi tersebut 26,14% lebih tinggi dibandingkan kondisi normal.

Pergerakan masyarakat ke area retail dan rekreasi juga lebih tinggi 4,86% dibandingkan kondisi normal. Kemudian, mobilitas masyarakat ke area taman meningkat 3,29% dari kondisi normal.

Sementara itu, mobilitas masyarakat ke tempat kerja masih lebih rendah 2,71% dibandingkan kondisi normal. Mobilitas masyarakat ke stasiun transit pun masih menurun 22,14%.

Selengkapnya mengenai mobilitas masyarakat yang turun dapat dibaca di sini.

Simak pula berbagai rangkuman data sosial ekonomi seperti di atas melalui Dataindonesia.id. Misalnya, data mengenai perubahan pola belanja masyarakat dari perubahan pola pengeluaran untuk kesehatan, alas kaki, hingga rokok, dapat dibaca di sini.

DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini.

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita dari koran. Selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper