Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Data Perubahan Pola Mobilitas Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Pola mobilitas masyarakat Indonesia selama pandemi terlihat sangat dinamis, apalagi selama ada kebijakan mengenai pembatasan mobilitas. Simak data selengkapnya di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 22 Februari 2022  |  06:27 WIB
Penyekatan jalan untuk membatasi mobilitas masyarakat terkait pelaksanaan PPKM. Foto ilustrasi.  - Antara
Penyekatan jalan untuk membatasi mobilitas masyarakat terkait pelaksanaan PPKM. Foto ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pola mobilitas masyarakat Indonesia selama pandemi terlihat sangat dinamis, apalagi selama ada kebijakan mengenai pembatasan mobilitas. Simak data dan visualisasi selengkapnya di sini.

Data mobilitas yang dirangkum antara lain menyangkut mobilitas ke tempat rekreasi dan perdagangan ritel, mobilitas ke tempat belanja dan farmasi, perkembangan mobilitas ke taman, perubahan mobilitas ke stasiun transit, dinamika mobilitas ke tempat kerja, serta mobilitas di perumahan. DataIndonesia.id merangkum data tersebut yang selengkapnya beserta visualisasinya yang dapat disimak melalui tautan ini.

Sejak awal 2022, mobilitas masyarakat Indonesia terpantau menurun. Ini seiring diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Meski demikian, mobilitas masyarakat masih terhitung tinggi di beberapa lokasi, seperti tempat belanja dan farmasi, retail dan rekreasi, serta taman. Bahkan, angkanya telah melebihi sebelum pandemi Covid-19 berlangsung.

Berdasarkan laporan Google (Google Mobility Report), mobilitas masyarakat tercatat paling tinggi ke tempat belanja dan farmasi. Selama 6-10 Februari 2022, rata-rata pergerakan masyarakat ke lokasi tersebut 26,14% lebih tinggi dibandingkan kondisi normal.

Pergerakan masyarakat ke area retail dan rekreasi juga lebih tinggi 4,86% dibandingkan kondisi normal. Kemudian, mobilitas masyarakat ke area taman meningkat 3,29% dari kondisi normal.

Sementara itu, mobilitas masyarakat ke tempat kerja masih lebih rendah 2,71% dibandingkan kondisi normal. Mobilitas masyarakat ke stasiun transit pun masih menurun 22,14%.

Selengkapnya mengenai mobilitas masyarakat yang turun dapat dibaca di sini.

Simak pula berbagai rangkuman data sosial ekonomi seperti di atas melalui Dataindonesia.id. Misalnya, data mengenai perubahan pola belanja masyarakat dari perubahan pola pengeluaran untuk kesehatan, alas kaki, hingga rokok, dapat dibaca di sini.

DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini.

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita dari koran. Selengkapnya di sini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Teknologi Mobilitas PPKM PPKM Darurat omicron

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top