Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Marga Tuntaskan Pembangunan Tol Manado-Bitung Seksi 2B

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) berhasil merampungkan pembangunan tahap akhir dari jalan Tol Manado Bitung, yaitu Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 Km.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  14:37 WIB
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018). - Istimewa/PT Jasamarga Manado Bitung
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018). - Istimewa/PT Jasamarga Manado Bitung

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Jalan Tol Manado Bitung, telah merampungkan pembangunan tahap akhir dari jalan Tol Manado Bitung, yaitu Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 Km.

Dengan beroperasinya seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 39,9 km ini, maka jalan Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya, melengkapi tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 km yang sudah lebih dulu dioperasikan pada 2020 lalu.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra menjelaskan dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Manado hingga Bitung, maka akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Sulawesi Utara.

“Dengan beroperasinya Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung ini, maka Jalan Tol Manado-Bitung telah siap untuk dioperasikan secara menyeluruh. Progres konstruksi untuk seksi 2B sendiri telah mencapai 100 persen dan uji laik fungsi telah dilakukan pada awal Januari 2022 dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi [SLO] oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR," ujar Charles dalam keterangan resminya, Senin (21/2/2022).

Ketika beroperasi nanti, maka akan ada satu gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Jalan Tol Manado-Bitung, yaitu Gerbang Tol (GT) Bitung yang terkoneksi dengan Jalan Ir Soekarno yang merupakan akses terdekat menuju Pelabuhan Internasional Bitung. Jalan Tol Manado-Bitung  akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung.

“Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30 menit saja sehingga dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang,” tutup Charles.

Secara keseluruhan, total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39,9 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

Dengan penambahan satu gerbang tol baru, maka nantinya Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol, yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.

Operasional  penuh jalan tol ini diharapkan mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah dan daya saing investasi di provinsi Sulawesi Utara.

"Ini dapat menjadi harapan baru bagi percepatan penyelesaian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung karena pada dasarnya kelayakan Jalan Tol Manado-Bitung juga bergantung pada perkembangan Kawasan sekitar, salah satunya melalui realisasi pembangunan KEK Bitung," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol manado-bitung
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top