Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Gelontorkan Rp21,2 Miliar untuk Transportasi Darat di Ajang MotoGP Mandalika

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyampaikan rencana yang disiapkan dengan anggaran senilai Rp21,2 miliar untuk transportasi di MotoGP.
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelontorkan senilai Rp21,2 miliar untuk pengadaan transportasi pendukung ajang balap MotoGP Mandalika.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyampaikan rencana yang disiapkan dengan anggaran senilai Rp21,2 miliar tersebut. Alokasi anggaran tersebut, kata dia, untuk penyediaan sebanyak 188 bus dengan ukuran medium. Rinciannya sebanyak 81 unit bus dari Kemenhub dan tambahan 4 unit bus VIP yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Lalu juga terdapat 103 unit bus dari ITDC Mandalika.

Untuk penyediaan bus dialokasikan anggaran sebesar Rp5,4 miliar. Kemudian untuk anggaran bagi bus antar moda sebesar Rp8,8 miliar. Serta untuk pembangunan halte sebesar Rp 1,5 miliar dan Penerangan Jalan Umum sebesar Rp 5,4 miliar.

“Operasi bus tersebut akan mengangkut para penontonnya ke lokasi sirkuit Mandalika itu gratis," ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Sementara itu, untuk persiapan bus antarmoda, dengan estimasi penonton sebanyak 63.000, Ditjen Hubdat mempersiapkan 278 bus yang akan melayani enam rute ke pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit. Di antaranya pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan Bandara Bizam.

Dia menjelaskan pelaksanaan sewa 278 bus ini akan mencakup 27 bus besar, 70 unit bus medium dan 181 unit bus kecil. Saat ini masih dilakukan proses tender yang direncanakan kontraknya akan berlangsung pada 20 Februari 2022 mendatang. Selain yang disediakan, Dishub Nusa Tenggara Barat juga diharapkan bisa memberdayakan angkutan sewa khusus, taksi, angkutan sewa dan lainnya untuk mendukung penyediaan angkutan MotoGP Mandalika.

"Karena bahwa dengan adanya kegiatan ini banyak penonton yang berasal tak hanya dari Mataram saja, tapi banyak dari luar. Nantinya semua pergerakan simpul transportasi termasuk kawasan pintu gerbangnya akan menggunakan bus angkutan umum, Kita harap angkutan umum itu jadi backbone dari mandalika dari awal ke akhir kegiatan," terangnya.

Selain itu, Ditjen Hubdat juga akan membangun 4 halte bus di KEK Mandalika diantaranya di parkir sentral timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Serta melengkapi penerangan jalan umum di sejumlah ruas.

Sementara untuk pelayanan shuttle bus yang disediakan akan tersedia setiap lima menit di sejumlah simpul yang ditentukan. Dia menyebut ada tujuh rute yang akan dilayani shuttle bus ini.

Di antaranya, Parkir Barat ke Gate 3 sebanyak 19 bus, Parkir Barat ke Gate 1 sebanyak 30 bus, Parkir Barat ke Gate 2 sebanyak 30 bus. Kemudian Parkir Timur ke Gate 3 34 bus, Parkir Timur ke Gate 2 sebanyak 26 bus, dan Parkir Timur ke Gate 1 sebanyak 29 bus, serta dari Gate 3 ke Gate 2 sebanyak 16 bus.

"Headway tak lebih dari 5 menit, kami harapkan masyarakat tidak menunggu lama menuju ke lokasi dan masing-masing rute itu kita sudah ada semacam koordinasi dengan ITDC masing-masing penonton akan diberikan tanda," tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper