Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sukses Terapkan Budaya K3, RAPP Raih Penghargaan Tingkat Provinsi Riau

RAPP menerima penghargaan sebagai salah satu perusahaan swasta di Provinsi Riau yang sukses menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lokasi kerja.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  15:33 WIB
Foto: dok. RAPP
Foto: dok. RAPP

Bisnis.com, JAKARTA - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), unit usaha APRIL Group menerima penghargaan sebagai salah satu perusahaan swasta di Provinsi Riau yang sukses menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lokasi kerja.

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Riau, Syamsuar kepada RAPP dan mitra usahanya pada Apel Peringatan Bulan K3 Nasional tingkat Provinsi Riau di Kompleks RAPP, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Selasa (15/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengapresiasi pelaksanaan penerapan budaya K3 di Provinsi Riau. Sambutan apresiasi Menaker ini dibacakan oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

"Semua pihak, baik pemerintah daerah, perusahaan, termasuk para pengawas ketenagakerjaan harus bisa terus berkembang dan berinovasi untuk menjaga dinamika perubahan yang ada agar tidak berdampak kepada kecelakaan dan ataupun penyakit akibat pekerjaan," ujar Ida.

Secara khusus, Syamsuar mengapresiasi penerapan K3 di kompleks RAPP, yang juga memfasilitasi peringatan Bulan K3 Nasional Provinsi Riau kali ini.

“Keberhasilan PT RAPP terlihat pada tahun 2021 telah mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil sebanyak 8 divisi, penghargaan SMK3 tahun 2019 sebanyak 12 divisi dan penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja dengan predikat Silver tahun 2020 serta predikat Gold tahun 2021, semoga ke depan prestasi ini terus ditingkatkan,” kata Syamsuar.

Dalam kesempatan itu, Gubri juga menyerahkan penghargaan kepada beberapa perusahaan swasta lainnya yang bergerak di bidang perkebunan, hutan tanaman industri, rumah sakit, infrastruktur, perhotelan dan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran dan penjualan.

"Apresiasi kami kepada semua pihak yang telah banyak meraih keberhasilan secara nasional, meskipun selama dua kali peringatan bulan K3 nasional kita dalam kondisi prihatin, namun kondisi ini jangan menurunkan semangat kita untuk terus menggelorakan pentingnya K3 di tempat kita," kata Gubri.

Selain menyerahkan penghargaan kepada 10 perusahaan yang telah membantu pembayaran premi tenaga kerja rentan, Gubri juga menyerahkan penghargaan kepada salah satu mitra jasa transportasi APRIL yaitu PT Prima Transportasi Servis Indonesia (PTSI) atas pencapaian 15 juta jam kerja tanpa fatality (kecelakaan nihil) sejak 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2021.

Direktur Utama RAPP, Sihol Aritonang mengatakan dalam penilaian kinerja suatu unit usaha, ketaatan terhadap K3 mendapatkan porsi yang sangat signifikan, khususnya menyangkut fatality (korban jiwa).

“Prestasi ini menunjukkan bahwa kita harus terus memperbaiki diri, karena mempertahankan akan lebih sulit daripada mencapainya. Oleh karena itu, kami selalu menerapkan K3 ini mulai dari proses tanaman industri di perkebunan, proses manufaktur hingga logistik pengiriman barang, di semua unit kerja dan kita memiliki satu unit khusus yang bertugas mengawal penerapan K3 di seluruh rantai produksi RAPP,” jelas Sihol.

Sihol menambahkan perusahaan juga selalu menghimbau seluruh mitra kerja agar menerapkan prinsip K3 dan terus melakukan inovasi dalam memperkuat K3.

Peringatan Bulan K3 Nasional tingkat Provinsi Riau ini turut dihadiri oleh Bupati Pelalawan Zukri, Direktur Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Haiyani Rumondang, unsur Forkopimda Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan, karyawan RAPP, Asia Pacific Rayon (APR), beserta mitra kerja perusahaan lainnya.

Usai pelaksanaan Apel, tim Fire Emergency Response Team (FERT) RAPP melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan secara cepat disertai atraksi waterbombing dengan helikopter.

Selain itu, Gubri beserta rombongan menyempatkan diri meninjau stan pameran produsen peralatan K3 dan UMKM binaan program Community Development (CD) RAPP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rapp april
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top