Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Strategi Pelindo Hadapi 2022, Ada Proyeksi Pertumbuhan Peti Kemas

Pelindo merumuskan strategi untuk hadapi 2022 dengan adanya proyeksi pertumbuhan arus peti kemas dan kapal.
Foto udara aktivitas bongkarmuat di dermaga bongkar muat peti kemas Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (3/1/2022).ANTARA FOTO/Jojon
Foto udara aktivitas bongkarmuat di dermaga bongkar muat peti kemas Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (3/1/2022).ANTARA FOTO/Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memproyeksikan tren positif pertumbuhan arus peti kemas dan kapal berlanjut pada 2022.

Sekretaris Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan saat ini kondisi pandemi yang sudah membaik dengan diikuti perekonomian yang sudah stabil. Kondisi tersebut yang mendorong adanya peningkatan pergerakan kapal dan peti kemas sampai dengan akhir 2021.

Ali menilai secara rata-rata arus peti kemas tersebut, menunjukkan tren yang lebih tinggi dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya. Hal ini merupakan 'angin segar' untuk Indonesia sehingga Pelindo optimis bahwa tren positif tersebut akan terus berlanjut sepanjang 2022.

"Untuk dapat mencapai target yang telah ditetapkan, sejumlah Inisiatif Strategis akan ditempuh oleh Pelindo termasuk di antaranya adalah melalui Standardisasi Operasional Pelabuhan sebagai fundamental Transformasi Pelabuhan," ujarnya, Kamis (3/2/2022).

Hal ini juga diperkuat dengan pembentukan Subholding yang akan fokus dalam mengembangkan masing-masing lini bisnis. Menurutnya, kehadiran Subholding diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis inti kepelabuhanan, meningkatkan peluang potensi bisnis baru serta mengintegrasikan end-to-end pelayanan kepelabuhanan dan logistik sehingga dapat menghasilkan manfaat dan nilai tambah.

Ali memerinci fokus Pelindo pada 2022 setelah penggabungan adalah melanjutkan restrukturisasi Pelindo melalui beberapa aksi korporasi diantaranya pengalihan saham Pelindo pada Anak Perusahaan kepada Subholding sesuai lini bisnisnya (inbreng saham). Kemudian melakukan serah operasi bisnis dan pengalihan usaha kepada Subholding Pelindo serta melakukan pemurnian klaster bisnis.

Selain itu juga implementasi Inisiatif-Inisiatif Strategis di seluruh Pelindo Group, baik ditingkat Kantor Pusat, Subholding, dan juga Regional untuk mencapai target Value Creation dari hasil penggabungan Pelindo.

Secara umum, Pelindo pada 2022 menargetkan arus peti kemas tumbuh menjadi 17,3 juta TEUs, naik 4,9 persen dari taksasi 2021 sebesar 16,4 juta TEUs.

Direktur Utama Pelindo Arif suhartono mengatakan pasca merger harus ada kenaikan kinerja operasional yang dicapai oleh Pelindo. Sejumlah target pada 2022 tersebut yakni pergerakan kunjungan kapal mencapai 1.271 juta GT atau tumbuh sebesar 7,3 persen dari taksasi tahun 2021 sebesar 1.184 juta GT. Sedangkan untuk arus barang non-peti kemas, ditargetkan sebesar 144,3 juta ton, tumbuh 3,2 persen dari 139,8 juta ton di 2021.

"Sementara itu, pada 2022 arus peti kemas juga ditargetkan tumbuh menjadi 17,3 juta TEUs," ujarnya.

Selanjutnya, Arif juga menuturkan target pasca merger adalah melakukan cascading internal dengan memberikan pemahaman ke bawah, memberikan pemahaman visi misi dan arah strategi korporasi juga melakukan transfer knowledge, agar translasi arahan strategis ke detail perencanaan strategis hingga eksekusinya dapat berjalan dengan baik.

Penggabungan Pelindo ditargetkan mampu menciptakan value creation (earning before tax) hingga tahun 2025 sebesar Rp4,3 triliun hingga Rp7,4 triliun. Capaian value creation per 31 Desember 2021 telah terealisasi lebih dari Rp600 miliar yang berasal dari optimalisasi financing cost dan pengadaan bersama.

Diharapkan tahun ini capaian value creation tersebut akan jauh lebih besar lagi melalui aksi korporasi dan inisiatif strategis yang telah direncanakan sebelumnya.

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan merger telah dilakukan pada 2021. Dengan demikian pada tahun ini adalah tahun pertama Pelindo memulai dengan model bisnis yang baru. Pemerintah berharap besar untuk menjadikan Pelindo pemain global maritim internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper