Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Properti China Mulai Stabil di Akhir 2021, Ini Buktinya

PBOC telah berjanji untuk membuat ekspansi kredit secara keseluruhan lebih stabil tahun ini, setelah mengarahkan pertumbuhan kredit yang lebih lambat untuk sebagian besar tahun 2021.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  19:02 WIB
Pembangunan apartemen di China -  Bloomberg
Pembangunan apartemen di China - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan pinjaman properti China mulai menunjukkan tanda-tanda stabil pada kuartal IV/2021 meskipun otoritas belum menyerukan kepada perbankan agar meningkatkan pinjaman.

Dilansir Bloomberg pada Senin (31/1/2022), pinjaman outstanding China di sektor properti meningkat menjadi 52,17 triliun yuan (US$8,2 triliun) pada akhir 2021, tumbuh secara tahunan (year-on-year/yoy) sebesar 7,9 persen, menurut People's Bank of China (PBOC).

Capaian itu lebih tinggi dibanding 7,6 persen pada akhir September, yang merupakan tingkat paling lambat sejak PBOC mulai menganalisis data pada 2010.

Adapun kredit perumahan individu tercatat mencapai 38,32 triliun yuan (US$6,02 triliun), tumbuh 11,3 persen secara tahunan, masih sama dengan September.

Namun, outstanding pinjaman pengembangan properti turun dalam tiga kuartal berturut-turut menjadi 12,01 triliun yuan (US$1,88 triliun).

PBOC telah berjanji untuk membuat ekspansi kredit secara keseluruhan lebih stabil tahun ini, setelah mengarahkan pertumbuhan kredit yang lebih lambat untuk sebagian besar tahun 2021.

Penurunan pasar properti dan wabah virus sporadis telah membebani ekonomi dan membayangi permintaan pinjaman korporasi dan rumah tangga.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti ekonomi china pboc

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top