Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Usulkan Kerja Sama CCUS Dibahas di G20

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan mengusulkan kerja sama carbon capture, utilization, and storage (CCUS) dalam G20.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  05:42 WIB
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji. - Kementerian ESDM
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji. - Kementerian ESDM

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan mengusulkan kerja sama carbon capture, utilization, and storage (CCUS) dalam G20.

Hal itu sejalan dengan topik utama yang akan dibahas dalam tema tahun ini, yaitu sistem kesehatan dunia, transformasi ekonomi dan digital, serta transisi energi.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM akan mengusulkan CCUS yang terkait dengan topic transisi energi sebagai salah satu proyek kerja sama dalam G20.

“Program CCUS dalam G20 menunjukkan keseriusan negara kita dalam menjaga lingkungan. Ini merupakan salah satu konsekuensi sebagai negara yang telah meratifikasi Perjanjian Paris tentang Perubahan Iklim,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam keterangan resminya, Rabu (26/1/2022).

Tutuka mengatakan, agar CCUS dapat menjadi salah satu proyek kerja sama di G20, Indonesia harus menjalin kerja sama multilateral dengan anggota G20 lainnya.

Adapun, G20 beranggotakan 19 negara ditambah dengan Uni Eropa (EU). Negara-negara tersebut adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea (Korea Selatan), Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

“Indonesia memang telah menjalin kerja sama dengan Jepang, tapi itu tidak cukup. Diperlukan kerja sama dengan negara-negara lain agar skalanya lebih besar,” ujarnya.

Tutuka mengusulkan Kanada dan Amerika Serikat sebagai negara yang perlu digandeng lantaran telah memiliki pengalaman terkait CCUS.

“Kita masih cukup punya waktu untuk menjalin kerja sama multilateral agar CCUS dapat menjadi salah satu proyek kerja sama di G20,” tambahnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 kementerian esdm Transisi energi
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top