Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produsen Tambang Ini Akuisisi Perusahaan Milik Tim Balap F1

WAE, yang didirikan oleh salah satu tim balap Williams Formula 1, akan diintegrasikan dengan Fortescue Future Industries yang merupakan unit energi bersih.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  15:09 WIB
Tim Williams Racing  - Twitter
Tim Williams Racing - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen bijih besi terbesar keempat di dunia, Fortescue Metals Group Ltd., telah menyetujui pembelian Williams Advanced Engineering Ltd., (WAE) yang didirikan oleh salah satu tim balap Williams Formula 1, senilai US$223 juta.

Dilansir Bloomberg pada Senin (24/1/2022), akuisisi ini akan memberikan akses kepada teknologi baterai yang dapat digunakan untuk truk pengangkut di area tambang.

WAE akan diintegrasikan dengan Fortescue Future Industries yang merupakan unit energi bersih. Kedua perusahaan telah bekerja sama sejak 2021 pada proyek prototype baterai untuk menghidupkan truk pengangkut berbasis listrik dan proyek kereta listrik.

"[Akuisisi ini] memungkinkan kami untuk terus mempercepat upaya untuk mencapai emisi nol bersih dan untuk menghilangkan penggunaan diesel di seluruh armada pertambangan kami,” ujar Elizabeth Gaines, CEO Fortescue, mengatakan dalam wawancara dengan Bloomberg Television.

Seperti korporasi di negara lainnya, perusahaan tambang yang berbasis di Perth, Australia ini juga menargetkan operasi bebas emisi pada 2030. "Ada peluang bagi kami untuk menjual teknologi ini kepada lainnya seiring dengan meningkatkan dekarbonisasi industri berat," ujar Gaines.

WAE yang berbasis di Oxfordshire didirikan pada 2010, ketika tim grand prix Williams F1 mendirikan unit untuk mengembangkan teknologi rekayasa rendah karbon untuk sektor transportasi. Bisnis itu dijual ke perusahaan ekuitas swasta EMK Capital LLP pada 2019.

Sementara itu, Fortescue adalah produsen bijih besi terbesar keempat di dunia. Pendirinya, Andrew Forrest ingin mentransisikan perusahaan menjadi salah satu produsen energi bersih teratas dunia selama dekade berikutnya. Dia terus menjelajahi peluang investasi di bidang hidrogen dan energi terbarukan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

formula 1 tambang energi terbarukan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top