Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MotoGP Mandalika, Operator Kapal Ikut Ketiban Untung

Sejumlah operator kapal ikut mendapatkan dampak positif terkait dengan gelaran MotoGP Mandalika.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  23:32 WIB
Pelabuhan Gili Mas, Nusa Tenggara Barat (NTB). -  Dok. Istimewa
Pelabuhan Gili Mas, Nusa Tenggara Barat (NTB). - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ajang balap motor, MotoGP Mandalika yang digelar pada Maret 2022 turut memberikan dampak positif bagi sektor transportasi termasuk transportasi laut.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar R Pradigdo mengatakan berdasarkan informasi dari para pengusaha saat ini sudah mulai ramai pemesanan pada Maret nanti untuk mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok.

”Gaung MotoGP sudah mulai kelihatan sejak jauh hari dan sudah disiapkan sarananya. Harapannya ketika animo masyarakat khususnya dari Pulau Jawa meningkat, kita sudah siap dari segi angkutannya,” ujarnya, Selasa (17/1/2022).

Berdasarkan informasi dari PT Pelindo Cabang Lembar, mulai Februari hingga Desember 2022 akan ada beberapa kapal pesiar yang sandar di Terminal Gili Mas, antara lain kapal Golden Horizon pada 17 Februari 2022, Kapal Norwegian Spirit 11 April 2022, dan Kapal Royal Princess 5 September 2022.

Selain itu, ada Kapal Star Breeze datang dua kali pada 27 Oktober dan 29 Oktober 2022, Kapal Viking Orion 23 November 2022, Kapal Noordam 12 Desember 2022, Kapal Viking Mars 12 Desember 2022, dan Kapal Vasco Dagamma 31 Desember 2022.

Selama ini hanya ada 3 kapal yang beroperasi di Terminal Gili Mas yaitu KM. Mutiara Timur I dengan kapasitas penumpang 360 orang, KM. Mutiara Barat dengan kapasitas penumpang 599 orang dan KM. Mutiara Sentosa III dengan kapasitas penumpang 684 orang.

"Sekarang ini kapal roro jarak jauh juga mengalami peningkatan. Apalagi menjelang gelaran MotoGP para pengusaha penyeberangan atau operator kapal jeli melihat potensi dan peluang yang ada," imbuhnya.

Saat ini, ada empat kapal roro jarak jauh yang melayani rute Surabaya-Lembar yaitu Kapal Roro DLN Oasis, KM Batulayar, KM Egon, dan KM Kirana VII.

Pradigdo menjelaskan hal ini merupakan kemajuan di sektor transportasi laut di wilayah tersebut. Sebab selama masa pandemi jumlah penumpang menurun drastis.

"Dengan adanya gelaran WSBK dan MotoGP di Mandalika ini turut memberikan dampak positif bagi sektor transportasi termasuk transportasi laut," tekannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal MotoGP
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top