Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno: KEK Tanjung Lesung Buka Lapangan Kerja Seluas-luasnya

Sandiaga Uno yakin KEK Tanjung Lesung ini akan menjadi simbol pemulihan ekonomi di wilayah Pandeglang dan Banten serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyiapkan sejumlah langkah untuk menjadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung agar bisa membuka lapangan kerja bagi warga Banten. 

Dia meyakini dengan melakukan pembenahan secara mendalam di kawasan pantai Tanjung Lesung Pandeglang dan dibarengi dengan pembangunan infrastruktur, maka KEK Tanjung Lesung akan menjadi salah satu destinasi utama pariwisata. 

"Kami baru saja selesai membersihkan arahan pada seluruh pemangku kepentingan. Bahwa KEK Tanjung Lesung ini akan menjadi simbol pemulihan ekonomi di wilayah Pandeglang dan Banten," ujar Sandiaga Uno, Rabu (22/12/2021). 

Kemenparekraf tengah memetakan sesuai arahan Presiden secara tegas dan cepat. Bukan itu saja, Sandi juga memastikan agar KEK Tanjung Lesung ini menjadi daerah yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Apalagi, sudah lebih dari 18 bulan masyarakat kita mengalami kesulitan diakibatkan pandemi Covid-19 dan tantangan ekonomi.

"KEK Tanjung Lesung ini harus menjadi solusi. Dan saya akan menggunakan pendekatan-pendekatan yang inovatif dan ide-ide baru untuk mengembangkannya," ucapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pada akhir Januari pihaknya akan memulai kick off dari Rakor penyelesaian Tanjung Lesung.

Targetnya, saat tol Serang - Panimbang itu selesai pada 2023, maka kawasan KEK Tanjung Lesung ini akan menjadi magnet untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Menurutnya, travel pattern, eco tourism akan hadir di Ujung Kulon. Ada pula sport tourism dengan olahraga air, otomotif, atau dirgantara. Ada beberapa desa wisata, seperti Desa Suka Ramai yang sudah menang, yakni Desa Cikeusik agri Nex yang akan menjadi kawasan argo wisata terpadu.

Selain itu, qisata minat khusus yang dapat menggunakan fasilitas landing strip yang ada di KEK Tanjung Lesung digencarkan. Termasuk wisata MICE. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper