Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Utilisasi Komponen Otomotif dari Industri Kecil dan Menangah Naik Jadi 80 Persen

Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) mencatat kenaikan utilisasi produksi pada Desember 2021 menjadi 80 persen, dari sebelumnya 60 persen di kuartal III/2021.
Onderdil otomotif. /REUTERS
Onderdil otomotif. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) mencatat kenaikan utilisasi produksi pada Desember 2021 menjadi 80 persen, dari sebelumnya 60 persen di kuartal III/2021.

Wan Fauzi, Ketua Dewan Pengawas PIKKO mengatakan bahwa terjadi peningkatan permintaan komponen otomotif dan elektronik, sejak aktivitas masyarakat dilonggarkan.

“Sudah ada peningkatan [utilisasi], sudah sekitar 80 persen karena ada kenaikan permintaan komponen,” kata Fauzi saat dihubungi, Kamis (16/12/2021).

Dia mengatakan, peningkatan utilisasi juga didorong oleh penerapan insentif diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang akan berakhir 31 Desember 2021.

Fauzi mencatat, terjadi peningkatan penjualan sekitar 10 persen sejak diskon PPnBM diberlakukan pada Maret 2021.

Dia pun berharap, kondisi penanganan pandemi Covid-19 dapat terus stabil, sehingga pemerintah tidak kembali memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

Namun demikian, industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif masih dilanda harga material yang tinggi, sehingga membebani arus kas perusahaan dan industri. Tahun depan, Fauzi memperkirakan utilisasi industri akan kembali naik sekitar 5–10 persen.

“Kelihatannya forecast permintaan ada kenaikan. Mungkin [utilisasi] bisa naik sekitar 5–10 persen menjadi 85 persen,” lanjutnya.

Utilisasi IKM komponen otomotif sendiri sempat anjlok ke angka 10 persen pada Mei 2020, karena tidak ada permintaan sama sekali. Kemudian, utilisasi mulai membaik pada akhir tahun lalu di kisaran 50 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper