Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aktivitas Masyarakat Naik, Kinerja Penjualan Eceran Mulai Ekspansif

Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2021 tercatat sebesar 195,5, tumbuh 3,2 persen secara bulanan, meningkat dari pertumbuhan -1,5 persen mtm pada September 2021.
Ilustrasi pusat perbelanjaan/Bisnis.com
Ilustrasi pusat perbelanjaan/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan kinerja penjualan eceran pada periode Oktober 2021 berada dalam fase ekspansi setelah pada bulan sebelumnya mengalami kontraksi.

Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2021 tercatat sebesar 195,5, tumbuh 3,2 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), meningkat dari pertumbuhan -1,5 persen mtm pada September 2021.

Peningkatan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok komoditas, dengan peningkatan tertinggi pada kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya serta suku cadang dan aksesori mobil, masing-masing meningkat sebesar 3,6 persen mtm dan 4 persen mtm.

Peningkatan juga tercatat pada subkelompok sandang sebesar 11,5 persen mtm, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 3 persen mtm.

“Responden menyampaikan hal tersebut sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat seiring dengan pelonggaran kebijakan mobilitas, serta didukung oleh kelancaran distribusi dan masih berlangsungnya program potongan harga,” tulis BI dalam Laporan Survei Penjualan Eceran, Jumat (10/12/2021).

Adapun secara tahunan, kinerja penjualan eceran pada Oktober 2021 pun tercatat tumbuh positif 6,5 persen (year-on-year/yoy), meningkat dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar -2,2 persen yoy.

Mayoritas kelompok mencatatkan perbaikan kinerja penjualan eceran, dengan peningkatan tertinggi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 14,5 persen yoy, serta bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 29,4 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper