Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Tokcer, Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Capai 5 Persen di Kuartal IV/2021

Hal ini sejalan dengan peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang melanjutkan tren penguatan di zona optimis sebesar 118,5 pada November 2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 Desember 2021  |  15:39 WIB
Konsumsi Tokcer, Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Capai 5 Persen di Kuartal IV/2021
Karyawan melintas di dekat logo milik Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (8/8/2019). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal lV/2021 diperkirakan akan terakselerasi secara signfikan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, seiring dengan semakin membaiknya mobilitas masyarakat.

Ekonom Bank Mandiri Dian Ayu Yustina menyampaikan pada kuartal III/2021, merebaknya varian Covid-19 yang diikuti oleh implementasi PPKM level 3-4 yang cukup ketat telah menekan aktivitas konsumsi dan investasi.

Oleh karenanya, perekonomian pada kuartal III/2021 tumbuh melambat sebesar 3,51 persen dibandingkan dengan kuartal II/2021 yang telah meningkat mencapai 7,07 persen secara tahunan.

Dian mengatakan, dampak dari PKKM tersebut hanya akan terbatas pada kuartal III/2021, seiring dengan kenaikan kasus Covid-19 yang sudah dikendalikan dengan sangat baik.

Beberapa indikator dini pada September 2021 pun telah menunjukkan adanya perbaikan. Dengan demikian, Bank Mandiri memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV/2021 akan mencapai 5,04 persen secara tahunan.

“Di kuartal IV/2021 kita optimis ekonomi bisa kembali terakselerasi ke level sebelum pandemi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang biasanya ada di kisaran 5 persen,” katanya dalam acara Media Gathering virtual, Rabu (8/12/2021).

Dian menjelaskan, beberapa indikator yang menunjukkan perbaikan, misalnya Mandiri Spending Index yang peningkatannya telah melebihi tingkat pada 2020.

Hal ini sejalan dengan peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang melanjutkan tren penguatan di zona optimis sebesar 118,5 pada November 2021.

Lebih lanjut, PMI Manufaktur Indonesia pun melanjutkan tren ekspansi, yang mencapai 53,9 pada November 2021.

“Perbaikan secara gradual ini yang membuat kami cukup optimis di kuartal IV kemungkinan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5 persen,” kata Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertumbuhan ekonomi indonesia Covid-19 PPKM
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top