Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Catat Telur dan Minyak Goreng Penyumbang Inflasi Minggu Keempat November

Empat penyumbang utama inflasi November 2021 sampai dengan minggu IV yaitu komoditas telur ayam ras sebesar 0,10 persen (mtm), minyak goreng sebesar 0,08 persen (mtm), cabai merah sebesar 0,06 persen (mtm), emas perhiasan sebesar 0,02 persen (mtm).
Minyak goreng/Antara
Minyak goreng/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Survei Pemantauan Harga pada minggu IV November 2021 dari Bank Indonesia mencatat perkembangan harga pada November 2021 tetap terkendali dan inflasi diperkirakan sebesar 0,34 persen (month-to-month/mtm).

Dengan perkembangan tersebut, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komuniksi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menuturkan perkiraan inflasi November 2021 secara tahun kalender sebesar 1,27 persen (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,72 persen (yoy).

Adapun, penyumbang utama inflasi November 2021 sampai dengan minggu IV yaitu komoditas telur ayam ras sebesar 0,10 persen (mtm), minyak goreng sebesar 0,08 persen (mtm), cabai merah sebesar 0,06 persen (mtm), emas perhiasan sebesar 0,02 persen (mtm), sawi hijau, bayam, daging ayam ras, sabun detergen bubuk, angkutan udara dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm).

"Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi antara lain bawang merah dan tomat masing masing sebesar -0,02 persen [mtm] dan -0,01 persen [mtm]," paparnya, Jumat (26/11/2021).

Dia menegaskan BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

BI juga akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper