Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Powell Lanjut Jadi Kepala The Fed, Fokus ke Tenaga Kerja dan Inflasi

Pengangkatan kembali Jerome Powell sebagai Kepala Federal Reserve diperkirakan akan berjalan mulus di meja Senat.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 23 November 2021  |  13:11 WIB
Gedung bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat, Selasa (17/3/2020). Bloomberg - Andrew Harrer
Gedung bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat, Selasa (17/3/2020). Bloomberg - Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Federal Reserve Jerome Powell mengatakan akan mendukung peningkatan tenaga kerja dan menekan inflasi setelah mendapat dukungan dari Presiden Joe Biden untuk meneruskan masa jabatan keduanya.

"Kami akan menggunakan cara kami baik untuk mendukung ekonomi dan pasar tenaga kerja yang kuat dan untuk mencegah inflasi yang lebih tinggi,” kata Powell di acara Gedung Putih seperti dilansir Bloomberg pada Selasa (23/11/2021).

Sementara itu, Lael Brainard yang ditunjuk sebagai Wakil Kepala The Fed memprioritaskan kelas pekerja dan menurunkan inflasi.

"Ini berarti [kami] mendukung ekonomi yang mencakup semua orang. Ini berarti memastikan bahwa pasar keuangan maju pesat dan tangguh, dan ekonomi berkelanjutan untuk generasi mendatang," ujar Brainard.

Pengangkatan kembali Jerome Powell sebagai Kepala Federal Reserve diperkirakan akan berjalan mulus di meja Senat.

Sebagai orang pilihan eks Presiden Donald Trump, Powell diperkirakan akan menghimpun dukungan Partai Republik yang signifikan di majelis tinggi.

Ketua Komite Perbankan Senat Sherrod Brown, seorang Demokrat Ohio, dan Republikan terkemuka, Patrick Toomey dari Pennsylvania, keduanya mengindikasikan mereka akan mendukung pencalonan kembali Powell.

Sebelum keputusan ini, Biden telah berdiskusi dengan para pengambil kebijakan seperti Brown dan Senator Elizabeth Warren yang progresif dan tidak menginginkan Powell kembali menjabat.

Adapun lingkaran lainnya yang juga memberikan saran di antaranya adalah Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang juga merupakan mantanKepala Teh Fed. Selain itu, Direktur Komite Dewan Ekonomi Nasional Brian Deese.

"[Keputusan] saya akan membawa keragaman baru ke The Fed yang sangat dibutuhkan dan sudah lama tertunda dalam pandangan saya,” katanya.

Saat ini, masih ada tiga kursi kosong di dewan The Fed yang belum diisi Biden. Semua dewan saat ini merupakan dari kalangan kulit putih. Selain itu, hanya dua orang perempuan yang menjabat di bank sentral yakni Brainard dan Michelle Bowman.

Seorang sumber anonim mengatakan salah satu orang yang telah dipilih Gedung Putih untuk mendapatkan kursi adalah William Spriggs, kepala ekonom untuk Federasi Buruh Amerika dan Kongres Organisasi Industri (AFL-CIO). Perlu diketahui, Sprigg berasal dari kulit hitam.

"[Keputusan] saya akan membawa keragaman baru ke The Fed, yang sangat dibutuhkan dan sudah lama tertunda dalam pandangan saya,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat the fed Joe Biden
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top