Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Stasiun Bekasi Dimulai, Pengguna KRL Terpantau Tertib

Mulai hari ini, Minggu (21/11/2021), pengguna KRL yang naik dari Stasiun Bekasi akan menggunakan bangunan baru stasiun yang berada di sisi selatan.
Pembangunan TOD di Stasiun Bekasi Timur akan menggunakan skema pendanaan kreatif non APBN melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). /Kemenhub
Pembangunan TOD di Stasiun Bekasi Timur akan menggunakan skema pendanaan kreatif non APBN melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Perjalanan pengguna KRL Commuter Line yang melalui bangunan baru di Stasiun Bekasi pada pagi ini Senin (21/11/2021) terpantau berjalan lancar.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pengguna KRL mulai beradaptasi dengan alur pergerakan pengguna melalui bangunan baru Stasiun Bekasi. 

"Layanan berjalan lancar dan pengguna mengapresiasi fungsi bangunan baru ini,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (21/11/2021).

Dia menjelaskan mulai hari ini pengguna KRL yang naik dari Stasiun Bekasi akan menggunakan bangunan baru stasiun yang berada di sisi selatan. Pengguna tetap dapat masuk maupun keluar melalui sisi utara atau selatan stasiun.

Pengguna yang hendak masuk atau keluar melalui sisi utara dapat menggunakan jalan akses masuk sementara dan passenger crossing yang menghubungkan ke bangunan baru stasiun atau sisi selatan. Sementara itu, untuk layanan transaksi tiket elektronik melalui loket tersedia di sisi selatan. 

Di bangunan baru, gate elektronik untuk tap tiket masuk maupun keluar terdapat di lantai dua. Di sini KAI Commuter menyiapkan 19 gate elektronik untuk mengakomodir keluar masuk pengguna. Pengguna kemudian dapat turun menuju peron jalur 4 dan 5 atau jalur 6 dan 7 sesuai tujuannya.

Dengan digunakannya bangunan baru stasiun, mulai malam tadi jalur 1, 2, dan 3 Stasiun Bekasi juga dinonaktifkan untuk mendukung tahapan selanjutnya dari pembangunan stasiun. 

Fasilitas yang tersedia di bangunan baru Stasiun Bekasi juga semakin lengkap dan aksesibel. Lift tersedia tiga unit, yaitu satu unit untuk mengakses lantai dua stasiun, dan dua unit untuk mengakses peron jalur 4 dan 5 serta peron jalur 6 dan 7.

Sementara eskalator secara keseluruhan tersedia enam unit untuk akses ke lantai dua bangunan stasiun dan menuju ke peron. Selain itu para pengguna juga dapat menggunakan tangga. 

Fasilitas layanan bagi pengguna juga terpusat di lantai dua stasiun. Saat ini KAI Commuter telah melengkapi layanan dengan menyediakan pos kesehatan, ruang laktasi, musala pria, musala perempuan, dan toilet termasuk toilet untuk disabilitas. 

KAI Commuter pun mengimbau para pengguna KRL yang akan naik atau turun dari Stasiun Bekasi untuk senantiasa mengikuti arahan dari petugas maupun memperhatikan papan informasi yang tersedia untuk mengakses layanan di bangunan baru Stasiun Bekasi.

Seluruh protokol kesehatan juga tetap berjalan yaitu pengguna wajib menggunakan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak. Petugas juga akan tetap melakukan penyekatan di stasiun juga saat kereta telah terisi pengguna sesuai jumlah yang diizinkan. 

“Kami juga terus mendukung program pemerintah dalam pembangunan dan revitalisasi stasiun serta proyek jalur dwiganda [double double track] Manggarai - Cikarang. Dengan fasilitas layanan yang telah dipusatkan melalui bangunan baru, Kemenhub akan melanjutkan pembangunan Stasiun Bekasi ke arah sisi utara,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper