Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fokus Lakukan Perbaikan, Pelindo Regional IV Dengarkan Curhatan Pengguna Jasa

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mendengarkan sejumlah poin utama yang diharapkan oleh para pengguna jasa  dalam Customer Hearing 2021 guna meningkatkan sinergitas pelayanan dan meningkatkan kepuasan pengguna.
Makassar New Port. /Pelindo Regional IV
Makassar New Port. /Pelindo Regional IV

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mendengarkan sejumlah poin utama yang diharapkan oleh para pengguna jasa  dalam Customer Hearing 2021 guna meningkatkan sinergitas pelayanan dan meningkatkan kepuasan pengguna.

Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto mengatakan, pihaknya akan mendengarkan semua harapan dan keinginan dari pelanggan untuk kelancaran usahanya.

Setelah merger, kata dia, Pelindo memerlukan adanya persamaan persepsi dan langkah. Hal itu dilakukan bukan hanya di internal Pelindo, tetapi juga dengan pengguna jasa.

“Apa saja perubahan dari kami. Nanti dicatat dan kami akan sama-sama melakukan perbaikan. Apa yang akan segera kami eksekusi, akan kami eksekusi. Yang butuh waktu, butuh penyelesaian, butuh penganggaran, ya kami akan lakukan. Ini niatnya,” ujarnya, Minggu (21/11/2021).

Direktur Operasi PT Salam Pacific Indonesia Lines Bambang Gunawan menjelaskan bahwa tahun lalu merupakan tahun yang sangat menantang bagi pelaku pelayaran.

Pandemic Covid-19 dan merosotnya kargo menyebabkan banyak pelaku usaha yang menutup sejumlah cabang dan anak perusahaan yang dikelolanya.

“Beberapa teman kami juga menutup anak usahanya, menutup cabangnya, bahkan kapal-kapalnya juga mulai lay up. Mungkin juga ada yang mulai di-carter off keluar,” terangnya.

Meskipun saat ini kondisi tersebut bisa terlewati dan perlahan mulai membaik, menurutnya, kolaborasi dan peningkatan untuk memperbaiki diri merupakan hal dasar yang harus dipahami bersama.

“Kami pun di antara shipping line juga semakin intens berkomunikasi. Kami ada joint slot, kami bangun komunikasi dengan sesame, meskipun kompetitor tetapi kami bangun komunikasi demi untuk efisiensi,” imbuhnya.

Menurutnya, kolaborasi menjadi penting untuk dilakukan agar bisa menyelesaikan persoalan biaya logistik. Apalagi, pihak pelayaran dan pelabuhan menjadi sorotan utama begitu ada biaya kenaikan yang tinggi dan memicu harga barang naik.

Jika mengacu pada data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sebut Bambang Gunawan, sebesar 50 persen kontribusi logistik ada pada inland transport.

“Ada di teman-teman ALFI/ILFA. Selebihnya ada di terminal dan di pelayaran. Jadi peran kita semua sangat vital terhadap penurunan biaya logistik secara nasional. Jadi pelayaran ini mau tidak mau juga harus lebih efektif, lebih efisien ke depannya,” jelasnya.

Adapun, dalam Customer Hearing 2021 yang digelar Pelindo Regional 4 ini mengundang pengguna jasa perusahaan, yakni PT Salam Pacific Indonesia Lines, PT Meratus Line, PT Tanto Intim Line, PT Temas Shipping, PT Caraka Tirta Perkasa, PT Semen Tonasa, PT Makassar Tene, PT Pupuk Kaltim, PT Semen Bosowa, PT Berkah Mulia Mandiri, PT Sari Agrotama Persada, dan PT Multi Trading Pratama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper