Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung World Superbike Mandalika 2021, Garuda Indonesia (GIAA) Tambah Penerbangan ke Lombok

Maskapai nasional Garuda Indonesia (GIAA) menambah frekuensi terbang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka mendukung kesuksesan gelaran ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) di kawasan Mandalika.
Garuda Indonesia/istimewa
Garuda Indonesia/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai nasional Garuda Indonesia (GIAA) menambah frekuensi terbang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka mendukung kesuksesan gelaran ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) di kawasan Mandalika.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kapasitas penerbangan, baik dengan menambah frekuensi maupun mengoperasikan pesawat berbadan lebar untuk melayani penerbangan domestik dari dan menuju Lombok.

Adapun penambahan frekuensi penerbangan tersebut akan dilaksanakan selama periode 17–22 November 2021 mendatang, di mana Garuda Indonesia akan melayani sedikitnya 30 penerbangan dari dan menuju Lombok yang dihubungkan melalui Jakarta,” ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Namun, bukan saja menambah frekuensi penerbangan pada rute Jakarta–Lombok PP, Irfan menyebut pada periode itu Garuda juga akan menambah kapasitas penerbangan dengan mengoperasikan pesawat berbadan lebar, seperti Airbus 330-200 dan A 330-900 Neo dari yang sebelumnya dilayani dengan armada B737-800 NG.

Menurutnya, dukungan Garuda Indonesia terhadap ajang WSBK Mandalika 2021 merupakan salah satu upaya perseroan sebagai national flag carrier untuk terus berperan aktif dalam mendukung gelaran internasional di Indonesia sejalan dengan momentum akselerasi pemulihan sektor pariwisata nasional.

“Harapannya, hadirnya program ini tidak hanya dapat menjembatani kebutuhan serta antusiasme masyarakat atas salah satu penyelenggaraan event balap motor terbesar di dunia, namun juga menjadi langkah berkesinambungan wujud kolaborasi ekosistem pariwisata dalam meningkatkan daya saing Indonesia, khususnya Lombok sebagai salah satu destinasi tujuan wisatawan dunia,” imbuhnya.

Sebelumnya, menjelang ajang balap motor WSBK Mandalika 2021 dihelat pada 19–21 November 2021, sejumlah operator penerbangan dilaporkan juga telah mengajukan izin untuk dapat beroperasi di Bandara Zainuddin Abdul Majid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

General Manager AirNav Cabang Lombok Buyung Prastiyono mengatakan, Bandara Zainuddin Abdul Majid telah melayani operasional 20 operator penerbangan dengan berbagai tipe pesawat dan rute yang diterbangi pada periode 2019–2021.

“Kemudian saat sekarang ini ada WSBK, ada beberapa extra flight yang sudah mengajukan [izin] ke kami, atau sudah memberitahukan ke kami penerbangannya,” kata Buyung saat ditemui di Kantor Airnav cabang Lombok, Jumat (12/11/2021).

Buyung juga memperkirakan lalu lintas helikopter di Bandara Lombok akan meningkat saat WSBK Mandalika 2021 digelar. Permintaan pergerakan helikopter akan cukup tinggi, sehingga diperlukan rute khusus agar lalu lintas udara dapat berjalan mulus dan terpantau baik.

“[Diperlukan] prosedur khusus untuk helikopter ini, seperti jalan tol udara helikopter. Jadi rutenya sudah kami bikin,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga telah berkoordinasi dengan pihak Basarnas untuk rute penerbangan helikopter dari dan menuju arena Sirkuit Mandalika. AirNav akan menyiagakan sejumlah personel yang dibutuhkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai lokasi penyelenggaraan WSBK.

Kemudian, AirNav juga memastikan siap melayani navigasi udara selama 24 jam saat gelaran akbar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper