Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Kucurkan Investasi Rp82,5 Miliar di Sumut, Untuk Apa?

PT PLN (Persero) menggelontorkan investasi hingga Rp82,4 miliar untuk mengoperasikan gardu induk di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara atau Sumut. Langkah itu diambil untuk menarik investasi ke provinsi itu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 09 November 2021  |  13:58 WIB
Ilustrasi. Petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta. - Antara
Ilustrasi. Petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) menggelontorkan investasi hingga Rp82,4 miliar untuk mengoperasikan gardu induk di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara atau Sumut. Langkah itu diambil untuk menarik investasi ke provinsi itu.

Investasi tersebut dikucurkan PLN untuk mengoperasikan Gardu Induk (GI) 150 kilo Volt (kV) Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA).

Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) 3 Alfredo Pakpahan mengatakan bahwa perseroan berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi di Simalungun.

“Dengan capaian ini, tentu kami berharap nantinya bakal menarik investor untuk berinvestasi membangun industri menengah dan besar, sehingga peluang kerja bisa semakin terbuka lebar di kawasan yang akan mendapat pasokan listrik dari gardu induk ini,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (9/11/2021).

Beroperasinya GI 150 kV Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 sebesar 30 MVA di Pardomuan Tongah, Kabupaten Simalungun itu akan membuat sistem dan keandalan suplai listrik PLN di kawasan tersebut semakin terjamin.

Harapannya, pasokan listrik yang andal mampu memenuhi kebutuhan pelanggan baru dalam skala besar, seperti industri.

Adapun, proses energize atau pemberian tegangan GI 150 kV Negeri Dolok yang terhubung dengan GI 150 kV Galang telah dilakukan pada Jumat 5 November 2021.

Sebelum GI 150 kV Negeri Dolok dibangun dan beroperasi, daerah itu telah memiliki GI 150 kV 1 bay trafo. Adanya tambahan 1 bay trafo membuat keandalan sistem kelistrikan di Simalungun akan semakin meningkat.

“Alhamdulillah, pada hari ini sekitar pukul 14.52 WIB, telah dilakukan energize dengan lancar GI 150 kV Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 30 MVA, dan saat ini tegangan sudah sampai di Busbar 20 kV kubikel Bay Trafo TD 1,” ujarnya.

Beroperasinya GI 150 kV Negeri Dolok, kata dia, membuktikan tekad perusahaan setrum itu dalam meningkatkan keandalan sistem elektrifikasi di seluruh wilayah, meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN sumatra utara kelistrikan
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top