Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Alihkan Rp33 Triliun Dana Cadangan PEN ke 4 Lembaga. Apa Saja?

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam dalam rapat bersama Komisi XI DPR, Senin (8/11/2021).
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (5/10/2021)/ Biro KLI - Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (5/10/2021)/ Biro KLI - Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA — Cadangan dana program pemulihan ekonomi nasional (PEN) senilai Rp33 triliun disuntikkan ke sejumlah perusahaan BUMN dan lembaga, salah satunya dalam rangka pembangunan jalan tol.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam dalam rapat bersama Komisi XI DPR, Senin (8/11/2021). Dia menjelaskan bahwa pemerintah melakukan penanaman modal negara (PMN) melalui alokasi dana cadangan PEN di APBN 2021.

Dana cadangan PEN disalurkan ke empat pihak, yakni PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Lembaga Pengelola Investasi (LPI), dan Badan Bank Tanah. Terdapat total Rp33 triliun yang akan disalurkan pemerintah.

Hutama Karya memperoleh guyuran Rp9,1 triliun dari dana cadangan PEN. Pada tahun ini pun perseroan memperoleh Rp6,2 triliun dari APBN dan Rp9,9 triliun dari saldo anggaran lebih (SAL), sehingga Hutama Karya memperoleh total dana Rp25,2 triliun pada 2021.

"Rp9,1 triliun untuk pembangunan empat ruas jalan tol Trans Sumatera, yaitu Medan–Binjai, Pekanbaru–Dumai, Kuala Tanjung–Parapat, Binjai–Langsa sepanjang 66 km," ujar Sri Mulyani pada Senin (8/11/2021).

Waskita Karya memperoleh Rp7,9 triliun dari dana cadangan PEN. Melalui dana itu, pemerintah memberikan mandat penguatan permodalan dan investasi di tujuh ruas tol, yaitu Kayu Agung–Palembang–Betung, Bekasi–Cawang, Kampung Melayu, Bogor–Ciawi–Sukabumi, Cimanggis–Cibitung, Krian–Legundi–Bunder–Manyar, Pasuruan–Probolinggo, dan Pejagan–Pemalang.

"Ini karena memang mereka relatif dari sisi neracanya lebih baik dari Hutama Karya, maka yang dilakukan adalah PMN di dalam rangka menurunkan leverage, tapi mereka tetap bisa menggunakan leverage, termasuk rights issue dalam hal ini," ujar Sri Mulyani.

Lalu, LPI atau sovereign wealth fund Indonesia memperoleh Rp15 triliun dari dana cadangan PEN. Menurut Sri Mulyani, hal tersebut merupakan langkah pemerintah menanamkan modal berupa kas, yang berlangsung bertahap sejak 2020.

"Sesuai dengan kebutuhan bahwa kita akan memberikan ekuitas awal Rp75 triliun, di mana Rp30 triliun berasal dari cash APBN. 2020 sudah dilakukan injeksi Rp15 triliun pertama dan tahun ini adalah untuk memenuhi Rp15 triliun kedua, sehingga ekuitas cash dari LPI sudah terpenuhi semua Rp30 triliun," ujar Sri Mulyani.

Alokasi terakhir dana cadangan PEN adalah untuk Badan Bank Tanah senilai Rp1 triliun. Menurut Sri Mulyani, modal awal untuk membangun badan itu adalah Rp2,5 triliun, tetapi dirinya dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sepakat untuk melakukan pendanaan secara bertahap.

"Oleh karena itu diberikan melalui dana cadangan PEN [untuk tahun ini], dan tahun depan akan mendapatkan lagi Rp1 triliun di dalam APBN 2022," ujar Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper