Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Power dan Bukit Asam Raih Penghargaan di BPEA

Dua perusahaan BUMN yakani Indonesia Power dan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) berhasil meraih penghargaan di BUMN Performance Excellence Award (BPEA) tahun ini.
Gedung Kementerian BUMN./Bumn.go.id
Gedung Kementerian BUMN./Bumn.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia power dan PT Bukit Asam Tbk. (Ptba) berhasil menjadi dua perusahaan energi yang meraih BUMN Performance Excellence Award (BPEA) tahun ini.

Ketua Umum Forum Ekselen BUMN (FEB) Agung Yunanto mengatakan bahwa sebagai kelanjutan dari setiap proses asesmen, FEB menggelar BPEA (BUMN Performance Excellence Award). Adapun, BPEA merupakan ajang penghargaan kepada BUMN yang telah bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu.

“Awarding BPEA ini juga diperuntukkan bagi 14 BUMN yang telah mengikuti proses self assessment KPKU 2020. Selain sebagai ajang apresiasi, BPEA juga kami rancang sebagai ajang pembelajaran dalam mengelola kinerja ekselen melalui kehadiran dan sharing dari pimpinan BUMN,” kata Agung, seperti dilansir dari Antara, Senin (25/10/2021).

Adapun Indonesia Power menerima apresiasi dalam ajang penghargaan Business Performance Excellence Award (BPEA) 2021 kategori Emerging Industry Leader. Penghargaan ini diraih Indonesia Power berdasarkan assessment Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) pada 2020.

Direktur SDM dan Administrasi Indonesia Power Bagus Setiawan mengatakan bahwa kategori Emerging Industry Leader merupakan demonstrasi pendekatan organisasi yang efektif dan sistematis.

Daktor kunci Indonesia Power berhasil meraih penghargaan tersebut dikarenakan organisasi memperlihatkan proses evaluasi dan peningkatan sistematis berbasis fakta, dan pembelajaran organisasi yang menghasilkan peningkatan efektivitas dan efisiensi proses utama.

Sebagai bagian dari PT PLN (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), KPKU diimplementasikan di Indonesia Power untuk untuk mencapai 5 prioritas kebijakan.

Kelima kebijakan tersebut yaitu nilai ekonomi dan sosial, inovasi model bisnis, kemajuan teknologi, peningkatan investasi serta pengembangan talenta BUMN.

Adapun 5 prioritas kebijakan tersebut merupakan salah satu strategi yang dicanangkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk menjadikan BUMN mampu berkompetisi di pasar global.

“Tantangan ke depan, akan semakin menantang untuk Indonesia Power yang sekarang telah menapakkan kaki di pasar global, evaluasi dan asah kompetensi,” ujarnya.

Sementara itu perusahaan energi lainnya yang berhasil meraih BUMN Performance Excellence Award (BPEA) tahun ini adalah Bukit Asam.

Selama 2021, Bukit Asam telah mendapat banyak penghargaan dari berbagai organisasi. Kali ini, anggota Holding BUMN Pertambangan MIND ID itu meraih tiga penghargaan sekaligus di acara BUMN Performance Excellence Award (BPEA) yang digelar pada 23 September 2021, yaitu The Best Market Growth, The Best Company Leadership, dan Industry Leader 2021.

Penghargaan The Best Company (Leadership) merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan dengan nilai leadership system (kriteria 1 dari KPKU) terbaik, integrasi sistem yang baik, dan kinerja finansial yang baik.

Sedangkan penghargaan The Best Market Growth merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan dengan kinerja pelanggan dan pasar terbaik.

Direktur Utama Bukit Asam Suryo Eko Hadianto mengatakan bahwa soal kondisi Bukit Asam yang tetap mencatat kinerja positif dan bahkan terus mencetak prestasi baik selama pandemi Covid-19.

Menurut dia, kunci keberhasilan kinerja Bukit Asam adalah integrasi di seluruh sektor dan juga inovasi digital, yang mendorong pegawai Bukit Asam bisa bekerja optimal selama masa pandemi. Sebagai informasi, Bukit Asam mencatatkan kinerja positif selama semester I-2021 dengan meraih laba bersih sebesar Rp1,8 triliun.

 “Bagi kami award adalah impact, bukan tujuan. Saya harap penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh pegawai Bukit Asam. Saya ucapkan terima kasih untuk seluruh pegawai Bukit Asam, award ini sungguh berat bagi kami. Semoga bisa terus menjadi motivasi bagi kita semua,” kata Suryo Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper