Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Klaim Kinerja Investasi RI Meningkat, Ini Sektor Pendorongnya

Peningkatan Investasi sejalan dengan membaiknya kinerja sektor usaha, terutama pada sektor manufaktur, pertanian, dan komunikasi.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 21 Oktober 2021  |  13:03 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa kinerja Investasi Indonesia terus mengalami peningkatan.

Peningkatan tersebut, kata Perry, sejalan dengan membaiknya kinerja sektor usaha, terutama pada sektor manufaktur, pertanian, dan komunikasi.

“Tercermin dari membaiknya kinerja sektor ekonomi, manufaktur, pertanian, komunikasi dan sejumlah sektor lain,” katanya dalam acara The 3rd Java Investment Summit 2021 secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Pada September 2021, PMI manufaktur Indonesia tercatat meningkat ke fase ekspansif sebesar 52,2. Pada bulan sebelumnya, sektor manufaktur mencatatkan penurunan kinerja dengan PMI Manufaktur di fase kontraksi sebesar 43,7.

Berdasarkan survei kegiatan dunia usaha BI, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan pun tercatat mengalami peningkatan kinerja pada kuartal III/2021, yang didorong oleh keberhasilan panen di sejumlah daerah.

Perry menyampaikan, BI akan terus mendukung upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan investasi, termasuk dukungan pembiayaan.

Di samping itu, upaya dukungan BI juga dilakukan melalui pengembangan sistem pembayaran. Hal ini pun dilakukan sejalan dengan akselerasi ekonomi dan keuangan digital yang meningkat pesat di Tanah Air.

“BI menyatakan komitmennya yang sangat kuat dalam digitalisasi sistem pembayaran untuk mengakselerasi dan sekaligus mengintegrasikan ekonomi dan keuangan digital secara nasional,” tutur Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi manufaktur bank indonesia pertanian
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top