Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penyebab Penjualan ZBRA Melonjak Signifikan Setahun Terakhir

Salah satu kekuatan yang saat ini menjadi andalan ZBRA dalam menghadapi tantangan bisnis saat ini yakni digitalisasi adalah dengan menghadirkan platform digital iPanganandotcom.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 20 Oktober 2021  |  00:44 WIB
Buruh menata karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Bisnis - Rachman
Buruh menata karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – PT. Zebra Nusantara Tbk. (ZBRA), menangkap digitalisasi bisnis menjadi peran penting untuk terus berkembang dan selaras dengan zaman. Salah satu kekuatan yang saat ini menjadi andalan ZBRA dalam menghadapi tantangan bisnis saat ini yakni digitalisasi adalah dengan menghadirkan platform digital iPanganandotcom.

Platform digital tersebut merupakan hasil kolaborasi PT StoreSend E-Logistics Indonesia (SSI), anak perusahaan DNR dibawah naungan ZBRA dengan Perum BULOG sejak 2018. iPanganandotcom merupakan platform digital yang dirancang khusus untuk masyarakat berbelanja kebutuhan pangan dengan hanya gadget segenggaman tangan.

Adanya kolaborasi dengan BULOG yang merupakan perusahaan logistik pangan dengan memiliki banyak gudang yang tersebar diseluruh Indonesia, membuat bisnis ini berkembang menjadi lebih besar lagi. Bahkan, kehadiran platform digital tersebutb dinilai menjadi salah satu faktor pendongkrak peningkatan bisnis ZBRA hingga mencapai 30,8% dalam setahun terakhir.

Direktur iStoreiSend, Karel Leonardo mengatakan bahwa hadirnya iPanganandotcom juga tidak terlepas dengan terkoneksinya modernisasi logistik yang dihadirkan oleh ZBRA bersama dengan unit-unit bisnis lain yang dimiliki oleh DNR.

“iPanganandotcom merupakan sebuah platform pangan yang terkoneksi dengan layanan modernisasi logistik yang dimiliki oleh DNR, sehingga dapat hadir menjawab kebutuhan masyarakat antara segi pangan dan logistik dengan cepat serta fleksibel,” ujarnya melalui keterengan yang dikutip, Selasa (19/10).

Menurutnya, kolaborasi-kolaborasi inilah yang akhirnya membentuk iPanganandotcom dengan tujuan untuk menjadi penyedia online food community terbesar di Indonesia dengan konsep hyperlocal.

Persiapan kolaborasi yang dimulai beberapa tahun lalu pun membuahkan hasil saat ini, yang akhirnya membuat ZBRA mengalami peningkatan penjualan sebesar 30.830% pada quartal ketiga tahun 2021 jika dibandingkan dengan quartal ketiga tahun 2020.

Sebelumnya diketahui ZBRA berhasil menumbuhkan angka sales hingga 30.000% di kuartal III tahun 2021 year on year (YoY), yakni mencapai Rp2,7 triliun dibanding tahun sebelumnya Rp8,8 miliar. Lebih lanjut, ZBRA dapat mencatatkan angka gross profit yang mencapai Rp395 miliar, dimana di tahun sebelumnya hanya Rp1,3 miliar.

“Untuk kedepannya, kami proyeksikan hadirnya perluasan cakupan wilayah gudang-gudang hingga mencapai sekitar 1.600 lebih gudang di seluruh Indonesia sehingga bisa mengoptimalkan dan menjangkau kebutuhan pangan beserta logistik yang modern di Indonesia sampai ke pelosok negeri,” terangnya.

Diharapkan, lanjut dia, dengan adanya perluasan cakupan wilayah ini membuat ZBRA menjadi terus berkembang dengan platform digital yang terus diupgrade dan modernisasi logistik yang terus ditingkatkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top