Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Tetap Siagakan 2 Kapal Isoter dan 4 Bandara hingga H+5 Penutupan PON XX Papua

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan KM Tidar dan KM Sirimau milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni sebagai tempat untuk isolasi terpusat (isoter) terapung.
KM Tidar./Istimewa
KM Tidar./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan KM Tidar dan KM Sirimau milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni sebagai tempat untuk isolasi terpusat (isoter) terapung.

Kedua kapal tersebut akan disiagakan hingga 20 Oktober 2021 atau H+5 penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

“Saya telah instruksikan kepada Dirjen Perhubungan Laut agar kedua kapal isoter tersebut tetap berada di Papua hingga H+5 penutupan PON XX, dan memastikan seluruh pasien yang dirawat di isoter ditangani dengan baik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip Minggu (17/10/2021).

Selain dua kapal isoter, Budi juga memerintahkan agar empat bandara, yaitu Bandara Sentani, Bandara Mozes Kilangin, Bandara Domine Eduard Osok, dan Bandara Mopah tetap bersiaga.

Hal itu, lanjutnya, merupakan bagian dari tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan PON XX di Papua. Budi berharap, kehadiran kapal-kapal tersebut dapat membantu pengendalian penyebaran Covid-19.

Sementara itu, empat bandara tersebut disiagakan untuk membantu pemulangan para atlet PON XX yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan ketat oleh pihak bandara maupun maskapai.

“Semoga pemulangan seluruh tim yang bertanding dapat berjalan dengan aman melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,” imbuh Budi.

Sebagai informasi, dalam evaluasi pelaksanaan PON XX Papua, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional meminta Menhub Budi Karya Sumadi dan para menteri lainnya untuk tetap mengawasi para peserta yang masih ada di Papua hingga h+5 setelah penutupan PON XX Papua pada 15 Oktober 2021.

Adapun, dua kapal isoter yang disiagakan Kemenhub adalah KM Tidar di Jayapura dengan kapasitas 929 bed (873 bed untuk pasien dan 56 bed untuk tenaga kesehatan). Kemudian KM Sirimau di Merauke dengan kapasitas 460 bed (449 bed untuk pasien dan 11 bed untuk tenaga kesehatan).

Untuk empat bandara yang bersiaga adalah Bandara Sentani di Jayapura, Mozes Kilangin di Timika, Domine Eduard Osok di Sorong, dan Mopah di Merauke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper