Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Smesco Sediakan Fulfillment Center, Bantu UKM agar Ongkir Murah

Smesco menghadirkan fulfillment center untuk membantu UKM agar biaya ongkir semakin murah karena dekat dengan pasar.
Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan jadi sentra vaksinasi Covid-19/Smesco
Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan jadi sentra vaksinasi Covid-19/Smesco

Bisnis.com, JAKARTA - Smesco Indonesia memperkenalkan terobosan baru berupa fulfillment center dalam rangka membantu pelaku UKM mendapatkan ongkos kirim (ongkir) lebih murah sehingga bisa mendongkrak penjualan.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Wientor Rah Mada mengatakan fulfillment center ini merupakan gudang penyimpanan barang untuk membantu para pelaku UKM menyimpan barang, packing barang dan pengiriman barang yang semuanya akan dilakukan oleh tim profesional Smesco.

"Saat ini permasalahan logistik salah satunya adalah ongkos kirim yang mahal. Setelah saya melihat langsung beberapa fulfillment center dan pergudangan di beberapa negara market yang saya tuju, paling tidak saya mengerti bahwa semakin dekat barang kita diletakkan ke market semakin murah ongkos kirimnya dan sebaliknya," katanya dalam konferensi pers, Kamis (30/9/2021).

Melihat hal itu, Wientor mengaku Smesco mempunyai kewajiban yang sangat erat terutama ketika berhubungan dengan akses pasar. Terlebih, proses digitalisasi saat ini juga membuat pergerakan barang di Indonesia jadi sangat besar dengan mayoritas konsumen yang ada di Jawa dan Sumatra.

Berkaca dari situ, Smesco kemudian menginisiasi untuk membuka fulfillment center bekerja sama dengan Yukbisnis dan JNE yakni tempat penyimpanan barang sementara (transit) yang lebih diutamakan untuk barang-barang fast moving. Bukan semacam gudang penyimpanan pada umumnya.

"Jadi saat melihat fulfillment center Yukbisnis yang ada di kompleksnya JNE saya saat itu juga langsung memutuskan oke kita bangun fulfillment center di Smesco di lantai 11," ujarnya.

Dia berharap para pelaku UKM dapat memanfaatkan fulfillment center tersebut sehingga distribusi barangnya lebih mudah, lebih dekat kepada konsumen, dan ongkos kirimnya lebih murah.

Layanan ini, sambung Wientor, dapat dimanfaatkan oleh pelaku UKM seluruh Indonesia. Setelah bergabung, pelaku usaha tersebut dapat meminta penjemputan barang yang akan difasilitasi oleh JNE. Penjemputan gratis bagi yang berada di Sumatra, Jawa dan Madura.

"Menurut saya ini adalah hal yang sangat luar biasa. nanti kalau menaruh barangnya di fulfillment center Smesco nggak perlu pindah ke Jawa untuk pasarkan produknya di Jawa. Ongkos packingnya juga murah cuma Rp2.200, kemudian ongkos kirim hanya Rp9.000 di Pulau Jawa sampai pelosok-pelosoknya," imbuh Wientor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper