Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasi Laut Terpadu 2021: Fokus Patroli di Jalur Peredaran Narkoba

Kemenhub mendukung sepenuhnya pelaksanaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 dengan mengerahkan semua kapal patroli KPLP pada 5 Pangkalan PLP.
Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose (kiri)./bnn.go.id
Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose (kiri)./bnn.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 dilakukan dalam rangka sinergitas dan kolaborasi pemberantasan peredaran gelap narkotika.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kemenhub Ahmad mengatakan siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 dengan mengerahkan semua kapal patroli KPLP pada 5 (lima) Pangkalan PLP di seluruh wilayah Indonesia.

Kelima Pangkalan PLP tersebut adalah Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak, Pangkalan PLP Kelas II Bitung dan Pangkalan PLP Kelas II Tual. Adapun operasi laut terpadu kali ini akan fokus pada wilayah laut dan perairan yang rawan disalahgunakan sebagai jalur peredaran narkotika di Indonesia yaitu daerah Selat Malaka yang meliputi Aceh, Sumut, Riau dan Kepulauan Riau, Selat Makassar dengan lebih baik dan efektif.

“Khusus untuk wilayah Kepulauan Riau ini, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban telah siap mendukung dari sisi kapal dan personilnya, Begitu juga dengan empat Pangkalan PLP di seluruh Indonesia untuk mendukung operasi laut terpadu ini. Dia berharap agar sinergi dan kolaborasi antar instansi ini bisa berkelanjutan guna mencegah masuknya Narkotika di Indonesia,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (15/9/2021).

Pada kesempatan ini juga telah dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara Badan Narkotika Nasional (BNN), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Ditjen Bea dan Cukai dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) terkait pelaksanaan operasi laut interdiksi terpadu dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta untuk menjalin sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan operasi laut interdiksi terpadu di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan para pihak yang terlibat dapat berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan operasi interdiksi terpadu 2021 demi mewujudkan Indonesia bebas narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Dr. Petrus R. Golose mengatakan bahwa saat ini narkoba masih menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia, terbukti dari masih maraknya pengungkapan yang dilakukan oleh penegak hukum di berbagai wilayah serta hingga saat ini Indonesia masih menjadi lokasi favorit masuknya narkotika dari luar negeri .

“Bahkan bukan rahasia lagi bahwa laut menjadi jalur utama masuknya narkotika ke wilayah Indonesia. Panjangnya garis pantai dan luasnya wilayah pengawasan membuat sindikat tidak pernah berhenti mencoba memanfaatkan kelengahan aparat dalam menjaga perbatasan wilayah Indonesia, sehingga kita harus lebih fokus karena rawan dijadikan jalur masuknya narkotika," kata Petrus.

Sebagai informasi pelaksanaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 dilaksanakan mulai tanggal 14 September 2021 - 24 September 2021, dengan tujuan untuk memberikan efek preventif dan represif.

Preventif dalam arti mencegah masuknya narkotika atau peredaran narkotika ke dalam wilayah NKRI, dan represif dalam arti pelaksanaan operasi juga menargetkan untuk menangkap pelaku penyelundupan atau pengedar narkotika yang ditemukan saat pelaksanaan operasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper