Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BSDE Siap Ikut Kembangkan Ibu Kota Negara Baru

PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) siap berperan dalam pengembangan Ibu Kota Negara atau IKN baru. Saat ini, perseroan terus menjalin komunikasi dengan pemerintah terkait target pembangunan di kawasan tersebut.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 07 September 2021  |  16:13 WIB
Ilustrasi. - Istimewa
Ilustrasi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) siap berperan dalam pengembangan Ibu Kota Negara atau IKN baru. Saat ini, perseroan terus menjalin komunikasi dengan pemerintah terkait target pembangunan di kawasan tersebut.

Direktur Utama BSDE Franciscus Xaverius Ridwan Darmali mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi dengan kementerian terkait mengenai apa yang perlu dikembangkan dalam rencana IKN baru.

“Sejauh ini masih berupa pembicaraan dari target pemerintah yang sebetulnya,” ujarnya dalam paparan publik live 2021, Selasa (7/9/2021).

Ridwan menuturkan, BSDE melakukan pengembangan di Balikpapan dan Samarinda sebagai langkah persiapan pemindahan Ibu Kota. Pengembangan tersebut pun difokuskan pada bangunan hunian, karena lokasinya cocok untuk tempat tinggal.

“Sekarang masih persiapan dan perencanaan, dalam satu atau dua tahun sudah mulai bisa launching,” ujarnya.

Direktur BSDE Hermawan Wijaya menambahkan, BSDE sudah punya lahan seluas 500 hektare di Balikpapan dan Samarinda untuk dikembangkan. Lahan tersebut pun sudah ada yang dibangun oleh perusahaan.

BSDE melalui anak perusahaan sudah memiliki proyek di Balikpapan sejak 1985, sehingga pengembangan proyek menjadi tak asing lagi. Saat ini, BSDE membangun kompleks perumahan ketiga di Balikpapan, sedangkan di Samarinda baru melakukan kerja sama joint venture dengan pemilik lahan lokal.

Lokasi IKN sendiri berjarak sekitar 30 kilometer dari lokasi pengembangan BSD sekarang, yaitu Grand City Balikpapan.

Keuntungan lain yang dimiliki perusahaan di proyek itu adalah Jalan Tol Balikpapan–Samarinda yang sudah tersambung langsung.

Dengan demikian, infrastruktur tersebut menjadi penting untuk mendukung perumahan Balikpapan dan Samarinda, karena nantinya akan tersambung juga dengan IKN.

“Kami sudah memiliki antisipasi area itu termasuk dalam kawasan IKN. Pemerintah dalam pembangunan IKN pasti mengajak pihak swasta untuk membantu pengembangan kawasan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya. pengembangan proyek di sekitar IKN baru menjadi salah satu peluang, karena BSD sudah memiliki keunggulan.

“Kami bukan pemain baru, kami sudah tau lokasinya, sudah tahu pangsa pasarnya yang ada di Balikpapan, dan brand kami sudah diketahui oleh masyarakat Balikpapan,” ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumi serpong damai ibu kota negara
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top