Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garap Potensi Pertanian di Pelalawan, Wamentan Minta Pemda Bentuk Perusda

Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan agar Pemerintah Kabupaten Pelalawan segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pertanian seiring besarnya potensi tersebut di sana.
Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi - Youtube Sekretariat Presiden RI
Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi - Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com,  JAKARTA - Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan agar Pemerintah Kabupaten Pelalawan segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pertanian.

Pembentukan Perusda bidang pertanian tersebut dimaksudkan untuk dapat menggarap besarnya potensi bidang pertanian di Kaupaten Pelalawan yang bisa manfaatkan untuk kemajuan pemerintah daerah setempat.

"Supaya hasil pertanian dari Kabupaten Pelalawan dapat menjadi ekspor unggulan," ujarnya seperti dalam siaran resmi yang dikutip Bsnis, Rabu (1/9).

Harvick yang juga Bendahara PBNU itu menyampaikan permintaan tersebut usai menerima kunjungan Bupati Pelalawan, Zukri Misran di kantor Kementerian Pertanian RI, Jakarta, Rabu (1/9/2021) pagi.

Selain itu, Harvick juga menilai posisi daerah Pelalawan yang terletak di Provinsi Riau ini sangat strategis karena berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia, sehingga sangat potensial untuk mengekspor produk hasil pertanian ke negara tetangga tersebut.

"Alhamdulillah ada beberapa program yang berusaha kita sinergikan utamanya bagaimana membuat Kabupaten, Kota dan Provinsi se-Indonesia ini bisa menggeliat di tengah situasi Covid-19 ini, khususnya di sektor pangan. Mudah-mudahan kita kawal ke depan, InsyaAllah," tuturnya.

Sementara itu kedatangan Zukri yang didampingi oleh Plt Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Kehutanan ini dalam rangka membahas potensi sektor pertanian di wilayahnya. Turut hadir pula Anggota DPD-RI Dapil Riau, Edwin Pratama Putra.

"Kami telah berdiskusi dengan Pak Wamen, butuh supporting dari pemerintah, dari kementerian, baik untuk perkembangan pertanian sampai hilirisasi agar kemandirian di daerah itu benar-benar bisa diwujudkan, kemandirian di seluruh sektor," kata Zukri usai bertemu dengan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Ia mengungkapkan, sektor yang potensial di Kabupaten Pelalawan saat ini meliputi perkebunan, perikanan, maupun food estate. "Potensi di Pelalawan, kami punya potensi perkebunan yang luar biasa, kami punya potensi perikanan dan food estate di Pelalawan," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam setiap kunjungannya ke berbagai daerah, Wamentan Harvick selalu mendorong pemerintah daerah untuk segera membentuk Perusda atau BUMD di bidang pertanian.

Hal ini untuk mendukung sektor hilirisasi produk pertanian agar bisa mendapatkan nilai tambah. Sebab, selain dapat mengolah produk pertanian hingga ke hilir, Perusda juga akan mampu menyerap tenaga kerja lokal terutama di masa sulit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper