Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosan di Rumah, Simak Tips Bepergian dengan Aman dan Hemat

Saat merasa bosan di rumah, ingin menikmati suasana baru, namun masih khawatir tertular Covid-19 atau dana terbatas, coba lakukan beberapa tips berikut.
Royal Safari Garden berlokasi di Cisarua, Bogor dengan luas 14 hektare. Royal Safari Garden menawarkan pengalaman berlibur yang mengedukasi. /Royal Safari Garden
Royal Safari Garden berlokasi di Cisarua, Bogor dengan luas 14 hektare. Royal Safari Garden menawarkan pengalaman berlibur yang mengedukasi. /Royal Safari Garden

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM hingga 6 September 2021.

Kini, aturan pembatasan tersebut mulai longgar di hampir seluruh daerah. Artinya, masyarakat boleh keluar rumah atau bepergian asalkan tetap patuh protokol kesehatan dan memenuhi beberapa syarat khusus.

Salah satu syarat yang berbeda adalah memiliki sertifikat vaksinasi. Ketika hendak masuk mal, hotel, melakukan perjalanan ke luar kota, hingga mancanegara, maka sertifikat vaksinasi menjadi sebuah kewajiban. Ketentuan tes Covid-19 dengan hasil negatif kini tak selalu diperlukan saat bepergian.

Saat merasa bosan di rumah, ingin menikmati suasana baru, tetapi masih khawatir tertular Covid-19 atau dana terbatas, coba lakukan beberapa tips berikut seperti dikutip dari tempo.co, Selasa (31/8/2021) :

  • Pilih tempat liburan yang dekat dari rumah

Kurangi risiko menghabiskan banyak waktu di jalan dan kelelahan dengan memilih tempat liburan yang dekat dari rumah. Anda bisa staycation atau mampir ke tempat yang nyaman di sekitar kawasan aglomerasi. Dengan begitu, tak perlu repot tes Covid-19, karantina, dan lebih hemat.

  • Pilih Akomodasi dan Atraksi Wisata yang Aman

Sejak pandemi Covid-19 merebak tahun lalu, para pengelola atraksi wisata dan akomodasi berlomba-lomba menyediakan fasilitas yang aman. Salah satunya dengan adanya sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability).

  • Perhatikan fleksibilitas waktu liburan

Ada banyak paket liburan aman dan hemat yang ditawarkan oleh pengelola hotel atau penginapan. Kamu bisa memanfaatkan promosi, misalkan harga kamar yang lebih rendah dengan fleksibilitas waktu menginap. Anda bisa pesan dulu dan datang pada pekan ini atau pekan depan dalam periode tertentu. Biasanya ada banyak diskon juga dalam penawaran semacam ini.

  • Tidak ada penalti

Pastikan penyedia akomodasi tidak membebankan biaya penalti apabila anda membatalkan pesanan. Jangan menghamburkan uang ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk sesuatu yang tidak kita manfaatkan. Jadi, lebih bijak saat memilih akomodasi, waktu, dan persyaratannya.

  • Cek bisakah uang kembali

Jika di poin sebelumnya kamu terkena penalti saat membatalkan pemesanan akomodasi liburan, di sini berlaku sebaliknya. Apakah uang yang kamu bayarkan bisa kembali dengan utuh atau tidak apabila liburanmu batal. Tentu saja, anda sebaiknya memilih penyedia akomodasi yang bersedia mengembalikan uangmu apabila kamu batal menggunakannya. Tetapi biasanya tidak sepenuhnya.

  • Periksa biaya tambahan

Ketika memilih akomodasi tertentu untuk liburan, jangan sungkan untuk bertanya sedetail mungkin tentang segala fasilitas dan pelayanan yang akan kamu terima. Jika anda tidak memastikan segala kebutuhan selama liburan dengan jelas, ujung-ujungnya biasanya keluar uang lagi.

  • Pahami prosedur

Setiap merencanakan perjalanan, pahami setiap prosedur yang harus kamu lalui. Jangan ada yang terlewat karena bisa bikin suasana hati jadi tak nyaman dan berimbas pada pengeluaran. Sejumlah atraksi wisata, hotel, hingga pusat perbelanjaan mensyaratkan vaksinasi di tengah PPKM saat ini. 

  • Asuransi perjalanan

Khusus untuk perjalanan ke luar negeri, umumnya sejumlah negara menetapkan angka asuransi perjalanan yang berbeda. Mereka mensyaratkan ini untuk berjaga-jaga jika ada wisatawan yang positif Covid-19 dan harus menjalani perawatan. Negara yang dituju tentu tak akan membayar semua ongkos perawatan. Sebab itu, asuransi perjalanan menjadi penting untuk kebaikanmu juga.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper