Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

China Tindak Konten Online yang Serang Kepentingan Ekonominya

China akan fokus pada pelanggaran seperti menjelek-jelekkan pasar keuangan China dan secara keliru menafsirkan kebijakan domestik dan data ekonomi.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 29 Agustus 2021  |  11:15 WIB
China Tindak Konten Online yang Serang Kepentingan Ekonominya
Ilustrasi - Polisi mengatur lalu lintas di bawah kabut tebal di seberang Kota Terlarang, Beijing - Antara/M. Irfan Ilmie

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah China memulai kampanye dua bulan untuk menindak platform komersial dan akun media sosial yang memposting informasi terkait keuangan yang dianggap berbahaya bagi ekonominya.

Inisiatif ini akan fokus pada pelanggaran seperti yang menjelek-jelekkan pasar keuangan China dan secara keliru menafsirkan kebijakan domestik dan data ekonomi.

Dilansir Bloomberg, Minggu (29/8/2021), Administrasi Cyberspace China mengatakan mereka yang mempublikasikan ulang laporan atau komentar media asing yang secara keliru menafsirkan topik keuangan domestik tanpa mengambil sikap atau membuat penilaian, juga akan menjadi sasaran.

Menurut pernyataan itu, langkah ini bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan online yang terkendali untuk opini publik yang dapat memfasilitasi pembangunan berkelanjutan dan sehat dari ekonomi China dan masyarakatnya.

Ini mengikuti rancangan proposal yang dikeluarkan sebelumnya oleh regulator dunia maya untuk mengatur algoritma yang digunakan perusahaan teknologi untuk merekomendasikan video dan konten lainnya.

Situs web dan platform komersial akan diperintahkan untuk membersihkan pos informasi keuangan dan menutup akun yang dianggap melanggar, di bawah pengawasan otoritas termasuk administrator dunia maya, kementerian keuangan, bank sentral serta regulator sekuritas, perbankan dan asuransi.

Adapun perusahaan teknologi dan operator media sosial termasuk Tencent Holdings Ltd. dan agregator berita ByteDance Ltd. Toutiao dan Douyin, yang setara dengan TikTok China, berjanji untuk mematuhi aturan dan mengatur konten terkait informasi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china media sosial TikTok
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top