Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Proyek Rumah Sakit Darurat Covid-19 Rampung Pekan Ini

Kelima proyek tersebut berlokasi di sekitar Yogyakarta, Solo, dan Surabaya
Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). /Antara
Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyatakan setidaknya lima proyek konversi dan penambahan kapasitas rumah sakit Covid-19 akan rampung pada pekan ini. Kelima proyek tersebut berlokasi di sekitar Yogyakarta, Solo, dan Surabaya

Ketua Pembangunan RSD Covid-19 Satgas Covid-19 Danis H. Sumadilaga mengatakan penyelesaian dan pengoperasian kelima proyek tersebut akan dilakukan pada Rabu (4/8/2021), Jumat (6/8/2021), dan Minggu (7/8/2021). Menurutnya, jadwal penyelesaian keliam proyek tersebut tidak akan berubah jika tidak ada tambahan permintaan khusus dari pemerintah.

"[Proyek RSD Covid-19] di Surabaya [rampung] tanggal 6 Agustus 2021. [Penyelesaian proyek RSD Covid-19 Wisma Haji Donohudan] terlambat karena keterlambatan transportasi Isotank dan pemindahan beberapa ratus pasien Covid-19," katanya kepada Bisnis, Senin (2/8/2021).

Selain proyek RSD Wisma Haji Donohudan, Danis mengatakan penyelesaian penambahan kapasitas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito juga akan terlambat. Menurutnya, keterlambatan tersebut disebabkan oleh masalah transportasi Isotank di jalan tol.

Isotank yang akan dipasangkan di Wisma Haji Donohudan dan RSUP Dr. Sardjito memiliki berat sekitar 20 ton. Sementara itu, kapasitas oksigen yang dapat ditampung mecapai 20.000 meter meter kubik.

Seperti diketahui, Danis mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan peningkatan kapasitas empat rumah sakit, yakni RSD Covid-19 Lapangan di Bantul, RS Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito di Sleman, RS Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo di Surabaya, dan RS Angkatan Laut (RSAL) Dr. Ramelan di Surabaya. Selain itu, Danis berujar pihaknya juga sedang mengkonversi Wisma Haji Donohudan di Solo menjadi RSD Covid-19 berskala sedang.

Secara rinci, Danis mencatat pihaknya akan menambah dan 65 unit Intensive Care Unit (ICU) di RSUP Dr. Sardjito. Danis berujar pihaknya akan menambah kapasitas ICU RS tersebut dengan mengkonversi salau satu lantai gedung parkir RSUP Dr. Sardjito.

Danis menyampaikan saat ini pihaknya sedang menyekat dan memasang sistem elektrikal, mekanikal, dan oksigen pada lantai gedung parkir tersebut. "Jadi, tidak sembarangan [konversi] ICU, kami menggunakan fasilitas yang ada [di RSUP Dr.Sardjito]," kata Danis.

Sementara itu, Danis mencatat pihaknya akan menambah 30 unit kamar ICU di RSD Covid-19 Lapangan. Menurutnya, penambahan di kedua RS tersebut dilakukan lantaran kebutuhan unit ICU di Provinsi DI Yogyakarta telah bertambah menjadi 200 unit akibat lonjakan kasus positif.

Di samping itu, Danis berujar pihaknya akan menambah kapasitas ICU di Surabaya sebanyak 75 unit. Penambahan tersebut akan dilakukan di RSUD Dr. Soetomo dan RSAL Dr. Ramelan. Danis berujar penambahan unit ICU tersebut bertujuan untuk menurunkan angka rasio okupansi tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) di Kota Pahlawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper