Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Salurkan Listrik Tegangan Tinggi ke Semen Grobogan

PLN menyalurkan listrik tegangan tinggi ke PT Semen Grobogan sebagai sektor industri yang menggerakan roda perekonomian.
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PLN resmi mulai melayani kebutuhan listrik PT Semen Grobogan dengan daya 30.000 kVA (kiloVolt Ampere) dan akan bertambah menjadi 40.000 kVA pada Oktober 2021. Hal ini merupakan bukti komitmen PLN untuk memenuhi setiap kebutuhan listrik, khususnya untuk sektor industri yang menggerakan roda perekonomian.

Peresmian penyambungan listrik yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PT PLN (Persero) Haryanto WS, Bupati Grobogan Sri Sumarni, dan Direktur Produksi PT Semen Grobogan Suparni. 

"PLN sebagai pemegang amanah penyedia kelistrikan senantiasa berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas, terutama kepada sektor Industri untuk terus dapat berkontribusi menggerakkan perekonomian," ujar Haryanto melalui siaran pers, Senin (2/8/2021).

Dia menuturkan bahwa untuk melayani Semen Grobogan, selain membangun Gardu Induk (GI) Grobogan, PLN juga membangun transmisi dari Purwodadi dan juga dari Mranggen. 

“Infrastruktur ini nanti yang akan memberikan dukungan keandalan kepada PT Semen Grobogan," katanya. 

Sementara itu, Direktur Produksi PT Semen Grobogan Suparni mengapresiasi penyambungan listrik PLN yang akan menyuplai pabriknya tersebut. 

"Kami menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik dengan PLN dalam situasi yang demikian sulit dengan berbagai hambatan yang ada. Alhamdulillah pada tanggal 9 Juli 2021 listrik sudah masuk ke PT Semen Grobogan," ungkap Suparni. 

Hingga 2021, PLN telah mewujudkan dukungan pada industri dengan menyuplai pasokan listrik andal untuk 10 konsumen tegangan tinggi (KTT) di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan total daya 429.500 kVA. 

Sepanjang Januari-Juni 2021, PLN berhasil menambah 1,65 juta pelanggan baru termasuk dari sektor industri. Capaian ini juga membuat PLN meraih membukukan laba bersih sebesar Rp6,6 triliun (unaudited) hingga Juni 2021. 

Tidak hanya mendorong investasi, PLN memastikan daya listrik mencukupi. Dalam waktu dekat, PLN akan bertambah kapasitas listrik sebesar 4.000 MW pada kelistrikan Jawa Bali. 

"Kami sedang membangun pembangkit di Tanjung Jati B di Jepara, insya Allah Januari 2022 akan beroperasi dengan daya 2 x 1000 MW. Kemudian di Batang juga akan beroperasi 2 x 1.000 MW, Ini yang akan memasok langsung listrik di Jawa Tengah," imbuh Haryanto. 

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyambut baik kerja sama antara PLN dan PT Semen Grobogan ini. Dirinya berharap kerja sama ini akan berpengaruh kepada peningkatan roda perekonomian di Kabupaten Grobogan. 

"Dengan akan dimulainya operasi PT Semen Grobogan, diharapkan menciptakan pengaruh terhadap perekonomian nasional maupun Kabupaten Grobogan. Kami harapkan juga menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat sekitar pabrik PT Semen Grobogan," ujar Sri Sumarni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper