Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penanganan Covid-19: Posco Group Sumbang Alkes, Konsentrator, & Ventilator Oksigen

Perusahaan asal Korea Selatan Posco Group memberikan bantuan berupa alat kesehatan, konsentrator oksigen, dan ventilator oksigen (HFNC) dalam upaya menanggulangi krisis Covid-19 di Indonesia.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 27 Juli 2021  |  15:15 WIB
Krakatau Posco - Istimewa
Krakatau Posco - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan baja asal Korea Selatan Posco Grup di Indonesia turut memberikan kontribusi berupa peralatan medis dan emergency kit dan lainnya senilai sekitar Rp4 miliar rupiah untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Posco Grup menyalurkan total sebanyak 100 unit konsentrator oksigen dan ventilator oksigen (HFNC) kepada Kementerian Kesehatan Indonesia, serta masing-masing 2 ventilator (HFNC) dan peralatan medis untuk perawatan pasien terkonfirmasi Covid-19 di rumah sakit di Cilegon, Banten dan Karawang, Jawa Barat, di mana lokasi bisnis utama Posco berada.

Selain itu, dengan menurunkan inventarisasi retensi oksigen ke tingkat paling minimum untuk operasional stabil pabrik baja, perusahaan memberikan sekitar 20 ton oksigen cair medis gratis setiap minggu ke Jakarta, di mana jumlah kasus yang terkonfirmasi sedang meningkat pesat.

Hal tersebut agar dapat membantu mengatasi kesulitan pengobatan pasien sakit Covid-19 parah. Untuk membantu masyarakat Korea yang tinggal di Indonesia, sebanyak 100 set perlengkapan darurat Covid-19 (emergency kits Covid-19) diberikan kepada Asosiasi Korea di Indonesia.

Indonesia, negara berpenduduk terpadat keempat di dunia, berada dalam situasi yang sangat serius, dengan jumlah kasus terkonfirmasi harian melebihi 54.000 karena penyebaran varian delta, mutasi virus Covid-19 baru-baru ini. Jumlah warga Korea di Indonesia yang terkonfirmasi Covid-19 dan meninggalpun terus bertambah.

Terkait kondisi ini, melalui konferensi video darurat pada Sabtu (24/7/2021) Menteri Kesehatan Indonesia Budi Sadikin dengan Pimpinan Posco Indonesia, dibicarakan dan disepakati kontribusi untuk pemerintah Indonesia dan masyarakat setempat.

Menkes Budi menyampaikan apresiasi untuk bantuan dan kontribusi besar Posco Grup dalam mengatasi krisis Covid-19 di Indonesia.

"Sudah sejak lama Posco ada bersama dengan Indonesia dan saya harap ke depannya pun akan selamanya menjadi mitra erat bagi Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu, Presiden Direktur Posco Indonesia Kim Kwang-Moo menyatakan pihaknya berharap melalui kegiatan Global Corporate Citizenship dari perusahaan untuk mendukung penanganan Covid-19 kali ini dapat berkontribusi dalam mengatasi krisis di Indonesia dan masyarakat Korea setempat.

"Ke depannya pun kami akan terus berupaya sebaik mungkin untuk melaksanakan filosofi Corporate Citizenhip serta tumbuh bersama Indonesia dan masyakarat Korea setempat," katanya.

Sebagai informasi, Posco Group terdiri dari PT Krakatau Posco, pabrik baja terintegrasi yang berlokasi di Kota Cilegon, Banten; lalu PT Posco IJPC (PT IJPC), pusat pemrosesan baja yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat; dan PT Bio Inti Agrindo (PT BIA), perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terletak di Merauke, Papua.

Kemudian PT Posco International Indonesia (PT PII), perusahaan di bidang perdagangan di Jakarta, berinvestasi dan terus mengembangkan bisnisnya di berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya, Posco Group menyumbangkan masing-masing US$500.000 kepada pemerintah Indonesia untuk bantuan darurat penanganan bencana saat gempa bumi di Sulawesi Tengah pada 2018 dan tsunami Selat Sunda pada 2019.

Tahun lalu, pada tahap awal penyebaran Covid-19 di Indonesia, Posco Group memberikan kontribusi senilai US$1 juta berupa perlengkapan pencegahan dan penanganan Covid-19, berupa 32.000 copper mask dan rapid test kit untuk karyawan, termasuk karyawan perusahaan mitra dan keluarganya serta masyarakat di sekitar lokasi pabrik baja.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Posco alkes oksigen Covid-19
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top