Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Ekonomi Jawa Timur, Jasa Marga Bangun Tol Gempol-Pasuruan

Jasa Marga mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperlancar distribusi barang dan jasa di wilayah Jawa Timur. Perseroan akan melakukan hal tersebut melalui PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP selaku badan usaha jalan tol (BUJT) Jalan Tol Gempol Pasuruan.
Gerbang Tol Pasuruan, bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan./pu.go.id
Gerbang Tol Pasuruan, bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan./pu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperlancar distribusi barang dan jasa di wilayah Jawa Timur. Perseroan akan melakukan hal tersebut melalui PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP selaku badan usaha jalan tol (BUJT) Jalan Tol Gempol Pasuruan.

Direktur Utama JGP Widiyatmiko Nursejati mengatakan ruas Gempol-Pasuruan akan merangsang pertumbuhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Timur. Menurutnya, ruas Gempol-Pasuruan merupakan bagian sistem jaringan jalan dan transportasi nasional yang sekaligus memiliki peranan penting di jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

“Perjalanan dari Pasuruan menuju Pelabuhan Tanjung Perak via jalan tol dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam jika dibandingkan dengan via jalan nontol yaitu selama 2 jam atau dapat menghemat waktu sekitar 50 persen," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (4/7/2021).

Dengan demikian, Widiyatmiko menilai efisiensi waktu tersebut akan dirasakan semua pelaku usaha. Selain itu, Widyatmoko berujar ruas Gempol-Pasuruan akan merangsang perekonomian di Kawasan Mebel Bukir yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Gerbang Tol (GT) Pasuruan.

Kawasan Mebel Bukir merupakan kawasan sentra industri UMKM yang memproduksi berbagai macam jenis mebel dengan bahan baku terbuat dari kayu jati di daerah Jawa Timur.

Di samping itu Widiyatmiko menyampaikan Tol Gempol-Pasuruan dapat merangsang Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Pasalnya, ruas Gempol-Pasuruan memiliki akses langsung ke kawasan PIER melalui GT Rembang di Kilometer 789+100.

Jalan Tol Gempol - Pasuruan yang membentang sepanjang 34,15 Km dan memiliki empat buah gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Bangil, GT Rembang, GT Pasuruan, dan GT Grati. Sementara itu, GT Rembang mempunyai tiga gardu layanan transaksi masuk tol dan tiga gardu keluar tol yang dilengkapi dengan Gardu Tol Otomatis (GTO) Multi sebanyak 4 unit.

Adapun, 4 unit GTO tersebut dinilai akan memberikan pelayanan khusus bagi kendaraan Golongan II hingga Golongan V seperti truk kontainer dan trailer. Komposisi gardu di gerbang ini sengaja dirancang untuk mendukung kenyamanan transaksi jenis kendaraan besar yang keluar masuk kawasan industri melalui gerbang tol PIER.

Widyatmiko berpendapat GT Rembang merupakan penopang Kawasan Industri terbesar di Jawa Timur seluas 356 hektar dengan tenant bertaraf internasional yang mendukung transaksi ekspor-impor.

“Kehadiran GT Rembang yang langsung menghubungkan kota-kota sekitar Pasuruan dengan Kawasan Industri PIER, diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan industri dan mobilitas logistik berskala domestik dan internasional sehingga dapat menjadi motor penggerak perekonomian, khususnya di daerah Pasuruan dan sekitarnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper