Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan Kulkas Dua Pintu Naik, Polytron Sesuaikan Produksi

Kendati permintaan kulkas dua pintu naik, tetapi pasar saat diperkirakan tidak akan melambung tinggi. Permintaan selanjutnya akan diisi oleh konsumen yang hendak mengganti unit lama dengan yang baru.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 18 Juni 2021  |  16:17 WIB
Model berpose di dekat lemari es terbaru Polytron New Belleza Inverter dan Polytron Allure saat peluncurannya, di Jakarta, Selasa (25/9/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Model berpose di dekat lemari es terbaru Polytron New Belleza Inverter dan Polytron Allure saat peluncurannya, di Jakarta, Selasa (25/9/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hartono Istana Teknologi, produsen merek elektronik Polytron menilai permintaan kulkas model dua pintu semakin ramai diminati pasar. Sejumlah strategi produksi pun digencarkan guna menjaga permintaan.

Direktur Marketing Hartono Istana TeknologiTekno Wibowo mengatakan saat ini terjadi tren perpindahan dari kulkas satu pintu ke dua pintu karena kebutuhan kapasitas yang lebih besar. Namun, secara pasar, ada penurunan sekitar 5 persen.

"Tingkat penetrasi juga sudah 80 persen memang tidak mungkin terjadi kenaikan permintaan besar-besaran karena market yang ada lebih besar ke replacement," katanya kepada Bisnis, Jumat (18/6/2021).

Tekno menyebut pada semester I/2021 lalu perseroan sudah merilis produk Belleza jumbo dan Big liter hingga 450 liter. Hal itu guna menjawab tren pasar saat ini.

Hingga akhir tahun, perseroan mengaku masih akan meluncurkan produk baru yang tentunya disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pasar saat ini. Kendati, perseroan menyebut tak melihat akan adanya peningkatan permintaan pasar yang tinggi hingga akhir tahun.

"Saya kira pasar semester II ini akan daftar saja apa lagi ada kenaikan harga komponen seperti metal, plastic, compressor, dari awal tahun kita sudah naik harga 10 persen," ujarnya.

Adapun saat ini Polytron menguasai pasar dengan market share sebesar 23 persen atau peringkat kedua secara nasjonal, sedangkan untuk showcase Polytron telah menguasai 60 persen pasar.

Sementara itu,PT Sharp Electronics Indonesia menilai pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan banyak orang, termasuk gaya hidup. Di tengah pembatasan mobilitas, masyarakat kerap makan di rumah, sehingga membutuhkan kapasitas kulkas yang lebih besar. 

Sharp mencatat pertumbuhan penjualan khusus produk kulkas meningkat sekitar 10–15 persen selama tahun lalu secara tahunan. Adapun desain dua pintu mengalami peningkatan paling besar atau 15–20 persen secara tahunan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur polytron Industri Elektronik
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top