Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Sepeda Turun, Pabrikan Tetap Untung, Kok Bisa?

Berdasarkan pantauan Bisnis, harga sepeda di pasar online menurun hingga 10 persen. Berikut kata PT Roda Maju Bahagia, selaku manukfaktur sepeda lokal.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  14:37 WIB
Di pabrik Kendal, Roda Maju Bahagia memproduksi sepeda merek Element MTB. Selain itu juga memproduksi merek Police Bike, Camp, Ion, dan Capriol.  - elementmtb.com
Di pabrik Kendal, Roda Maju Bahagia memproduksi sepeda merek Element MTB. Selain itu juga memproduksi merek Police Bike, Camp, Ion, dan Capriol. - elementmtb.com

Bisnis.com, JAKARTA — Tren bersepeda mulai melandai sehingga membuat sejumlah harga produk terkoreksi. Namun, ternyata momentum ini bukan periode di mana harga sepeda anjlok, tetapi justru memasuki fase normal.

Chief Executive Officer PT Roda Maju Bahagia (RMB) Hendra mengatakan harga sepeda lipat unggulannya yakni Element masih normal sesuai harga pabrik. RMB adalah manufaktur sepeda merek Element, Police, Camp, dan lainnya. 

Dia pun menyebut fenomena harga sepeda turun di pasar karena sejumlah hal. "Paling utama karena kemarin memang permintaan tinggi sekali jadi ritel menaikkan harga bahkan di atas harga eceran tertinggi pabrik, jadi sekarang kesannya harga jatuh dan memang pasar mulai slow," katanya kepada Bisnis, Senin (7/6/2021).

Adapun menurut Hendra penurunan harga yang dilakukan ritel adalah harga eceran terendah dari pabrik. Alhasil, bagi pabrikan harga saat ini masih dalam batas normal.

Meski demikian, Hendra menyebut pabrikan masih akan memberi penawaran yang dapat membantu ritel meningkatkan penjualan. Misalnya, dengan memproduksi paket hadiah dari jenis sepeda tertentu.

"Kami tetap support kok, misalnya untuk jenis Element Pikes Chico Jericho ada free gift. Juga ada strategi lain karena tentunya kami sudah baca pasar," ujarnya.

Sebelumnya, Bisnis.com memantau harga jual sejumlah sepeda di perbelanjaan daring (e-commerce) pada akhir pekan lalu terjadi penurunan antara 7 hingga 10 persen. Berikut pemerinciannya:

- Police Folding Bike Milan 8 Speed Edisi Rans 2.0 dijual dengan harga Rp1,95 juta. Sebelumnya harga mencapai Rp2,1 juta.

- Police Folding Bike Texas 8 Speed Edisi Teh Botol Sosro dibanderol dengan harga Rp2,65 juta, turun 10 persen dari harga sebelumnya yang mencapai Rp2,95 juta.

- Element Folding Bike Ecosmo 8 Speed dijual dengan harga Rp3,03 juta, atau turun 10 persen dengan harga sebelumnya senilai Rp3,37 juta.

- Element MTB Ecosmo Z8 Folding Sepeda Lipat edisi Black Panther dijual seharga Rp3,91 juta dari sebelumnya Rp4,35 juta.

- Element Folding Bike New Troy X 9 Speed saat ini harganya Rp4,18 juta dari sebelumnya mencapai Rp4,5 juta.

- Element Folding Ecosmo 10 Speed Shopia Latjuba Edition harga semula Rp8,45 juta, kini menjadi Rp7,6 juta. Camp Folding Bike Hazy 16 inch 11 Speed turun 10 persen dari Rp9,37 juta menjadi Rp8,43 juta.

- Element Folding Bike Pikes Gen 2 Chico Jericho Edition menjadi seharga Rp10,93 juta dari harga semula Rp12,15 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur sepeda Sepeda Lipat
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top