Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PropertyGuru Siap Realisasikan Akuisisi Terbesar Sepanjang Sejarahnya

PropertyGuru bersiap melakukan akuisisi terbesar dalam 14 tahun sejarahnya. Startup real estat Singapura itu di Indonesia memiliki Rumah.com.
Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020)./Bloomberg-Wei Leng Tay
Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020)./Bloomberg-Wei Leng Tay

Bisnis.com, JAKARTA – Startup real estat Singapura PropertyGuru, yang di Indonesia memiliki Rumah.com, bersiap mengakuisisi semua saham di entitas operasi REA Group di Malaysia dan Thailand, menandai akuisisi terbesar dalam 14 tahun sejarahnya.

PropertyGuru akan mengakuisisi iProperty.com.my dan Brickz.my di Malaysia dan thinkofliving.com serta Prakard.com di Thailand dari REA Group Australia, demikian pernyataan perusahaan Asia Tenggara itu pada Senin (31/5/2021).

Sebagai bagian dari kesepakatan, REA, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh kerajaan News Corp milik Rupert Murdoch, akan mendapatkan 18 persen saham di PropertyGuru dan menunjuk seorang direktur untuk dewan direksi. Belum ada harga yang diungkapkan untuk kesepakatan itu.

"Ini akuisisi dan transformasi terbesar kami untuk PropertyGuru," kata CEO Hari V. Krishnan dalam wawancara dengan Bloomberg melalui Zoom. "Akuisisi ini memungkinkan kami untuk menjadi lebih sinergis dan mencari area di mana kami dapat berinvestasi."

Pengumuman tersebut muncul setelah kesibukan pembuatan kesepakatan oleh startup paling berharga di wilayah tersebut. Gojek dan Tokopedia menggabungkan bisnis mereka untuk menciptakan perusahaan internet terbesar di Indonesia.

Sementara itu, pesaing Gojek, Grab Holdings, bulan lalu go public di AS melalui kombinasi dengan Altimeter Growth dalam merger terbesar yang pernah ada dengan perusahaan cek kosong (tak ada kegiatan komersial, khusus dibentuk untuk penawaran umum perdana).

Untuk PropertyGuru, kesepakatan itu akan mengurangi persaingan di Malaysia dan Thailand karena selama ini perusahaan tersebut bersaing dengan afiliasi REA.

Krishnan mengatakan perusahaan akan mempertahankan merek yang telah ada dan berinvestasi dalam pengembangan pada masa mendatang. "iProperty Malaysia khususnya merupakan aset yang sangat baik. Malaysia sedang mengalami sedikit koreksi, didorong Covid, tetapi tren megamakro masih ada."

PropertyGuru diluncurkan pada 2007 untuk membantu penduduk Singapura mencari real estat secara online. Sekarang PropertyGuru menjadi pasar real estat terbesar di Asia Tenggara dengan operasi yang menjangkau Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand, didukung oleh KKR & Co dan TPG Capital LP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper